Refleksi Pembelajaran Menggunakan Model PBL
 Guru merupakan sebagai pendidk terletak pada jenjang dalam satuan pendidika dasar yang memiliki peran penting untukmennetukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan pada kualitas pendidikan di sekolah.  pentngnya bagaiman peran guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Sudah sangat jelas bahwa fungsi guru didalam mengemabngkan kemmapuan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Penulis dalam kegiatan refleksi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman  pada materi pembelajaran dengan menggunakan model PBL. dengan melakukan langkah-langkah PBL dalam proses pembelajaran antara lain : (1) orientasi peserta didik pada masalah; (2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; (3)membimbing penyelidikan individu maupun kelompok ; 94) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Dimana PBL memiliki karakteristik menurut Tan (dalam Amir 2009) antara lain : (maslah digunakan sebagai awal pembelajaran; (2) biasanya masalah yang digunakan merupakan masalah dunia nyata yang disajikan secara mengembang (ill-structurd); (39 masalah biasanya menuntut perspektif majemuk (multiple-perspective); (4) masalah  membuat pembelajar tertantang untuk mendapatkan pembelajaran diranah pembelajaran yang baru; (5) sangat mwngutamakan belajar mandiri ; (6) memanfaatkan sumber pengetahuan yang berfariadapatsi, tidak dari satu sumber saja, dan (7) pembelajarannya kolaboratif, komunikatif dan kooperatif. karakteristik ini menuntut peserta didik untuk dapat menggunkan kemampuan berpikir tingkt tinggi, terutama kemampuan pemecahan masalah.Â
Dalam kegiatan refleksi pembelajaran pada proses pembelajaran dengan menggunakan PBL ini mampu meningkatkan pemahaman, keaktifan serta motivasi yang tinggi. Dimana hal tersebut dapat terlihat pada hasil belajar peserta didik yang meningkat secara signifikan. Selain itu  terlihat pada kegiatan pembelajaran pada peserta didik yang sangat antusias, terlihat senang dan termotivasi secara pribadi tanpa adanya paksaan. Hal ini menyatakan bahwa model PBL mampu membawa peserta didik aktif secara mandiri dan pembelajaran berfokus pada peserta didik. Peserta didik mampu menggali informasi dan ilmupengetahuan secara mandiri.