Mohon tunggu...
Sulis Setiyawati
Sulis Setiyawati Mohon Tunggu... Pribadi

Tidak ada bio.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Pemahaman Masyarakat dan Pendampingan Belajar dari Rumah

14 Juli 2020   14:44 Diperbarui: 14 Juli 2020   15:32 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Pemahaman Masyarakat dan Pendampingan Belajar dari Rumah
kolase -- Dok. pribadi

(Purbalingga, 1 Juli 2020) KKN UNS Era COVID-19  yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah selesai dan terlaksana dengan lancar. Edukasi mengenai media belajar online untuk guru SD, pendampingan belajar untuk siswa SD, edukasi pemahaman masyarakat melalui poster dan sharing gambar edukasi Covid-19 di WA Group serta beberapa kegiatan lain seperti pembagian masker yang dibuat sendiri dan kegiatan cuci tangan merupakan program-program yang dilaksanakan dengan tujuan supaya masyarakat dapat memahami secara benar informasi-informasi yang diperoleh. Dengan demikian, masyarakat dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19. "Edukasi yang telah disampaikan kepada masyarakat semoga dapat membawa perubahan perilaku masyarakat kedepannya." ungkap Sulis Setiyawati sebagai pelaksana KKN UNS Era COVID-19 di RT 29 RW 11 Desa Pasunggingan

Masyarakat di RT 29 RW 11 Desa Pasunggingan ini masih memiliki pemahaman mengenai pandemi COVID-19 yang belum merata, hanya beberapa masyarakat saja yang waspada dan selalu menaati protokol kesehatan. Dengan demikian, sebagai upaya membantu pemerataan pemahaman masyarakat mengenai COVID-19, Sulis Setiyaati sebagai mahasiswa UNS dengan Bapak Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T. sebagai dosen pembimbing lapangan melaksanakan KKN Era COVID-19 dengan tema "Pendidikan Semasa Covid-19". Dalam tema tersebut, terdapat lima program kerja dengan kegiatan utama yaitu edukasi media belajar online untuk guru SD dan pendampingan belajar siswa SD semasa COVID-19. Selain itu juga dilakukan edukasi pemahaman masyarakat mengenai COVID-19 melalui WA Grup.

Dalam program ini, terdapat beberapa macam topik edukasi diantaranya edukasi cara pemakaian masker secara tepat, edukasi cara melakukan cuci tangan dengan baik dan benar dan juga edukasi ketahanan pangan dengan menanam sayur sendiri selama pandemic COVID-19. Program-program ini dilaksanakan dengan harapan masyarakat RT 29 RW 11 Desa Pasunggingan dapat lebih memiliki kesadaran untuk waspada terhadap penyebaran virus dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi COVID-19. Tanggapan yang baik dan terbuka diberikan oleh masyarakat serta Ketua RT setempat, "Terimakasih banyak, semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagaimana semestinya dan warga menjadi lebih sadar untuk menerapkan PHBS" ungkap Bapak Widi Budiyanto sebagai Ketua RT 29 RW 11 Desa Pasunggingan, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x