Mohon tunggu...
Sulis Nashwa Kirana
Sulis Nashwa Kirana Mohon Tunggu... Seorang pendidik yang belajar nulis

seorang pendidik yang jatuh cinta pada dunia kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Karir

Hari Minggu, Rencana Liburan Jadi Rapelan Pekerjaan

10 Juni 2019   06:53 Diperbarui: 10 Juni 2019   07:41 0 2 1 Mohon Tunggu...
Hari Minggu, Rencana Liburan Jadi Rapelan Pekerjaan
laundry-4017610-1280-5cfda71d0d8230200a6e8219.jpg

Sumber gambar : Pixabay.com

Bagi sebagian orang hari Minggu adalah hari yang paling ditunggu. Salah satu alasannya adalah bisa terbebas dari rutinitas sehari-hari. Tapi hal itu tidaklah berlaku bagi ibu rumah tangga yang sekaligus ibu bekerja. Karena hari Minggu adalah hari kerja rapelan. 

Ya... rapelan dari pekerjaan rumah tangga yang tidak sempat dikerjakan diminggu kemarin. Karena harus berkejaran waktu berangkat kerja dengan pekerjaan rumah. Maka pekerjaan rumah sering kali ditunda supaya tidak terlambat masuk kerja. Alhasil dihari Minggu pekerjaan menjadi menumpuk.


Meskipun sudah dibuat jadwal. Tapi masih tetap ada saja pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan saat itu. Semisal mencuci baju. Terlebih jika punya anak kecil yang tahunya mengambil baju yang bersih tanpa pernah berfikir bagaimana enaknya bergulat dengan waktu demi tertunainya tugas.


Selain karena ada pekerjaan yang belum terselesaikan. Memang jadwal hari Minggu saya adalah untuk bersih-bersih rumah. Semuanya saya bersihkan mulai dari dapur beserta kompornya, kamar mandi, menyapu rumah hingga membersihkan kaca. Sebelum pekerjaan itu saya lakukan semua. 

Saya usahakan untuk menyelesaikan tugas dapur. Yakni menyiapkan sarapan untuk keluarga. Setelah masak selesai, kemudian saya beralih profesi.  Jadi pada hari minggu saya bisa menjalankan dua profesi sekaligus yakni sebagai tukang masak dan juga tukang bersih-bersih.


Hari Minggu bagi ibu rumah tangga yang bekerja adalah hari yang super sibuk. Mulai dari membuka mata semua pekerjaan sudah menanti dan itupun tidak ada jam selesainya. Pekerjaan selesai jika badan sudah tepar dan tidak kuat lagi untuk melanjutkan. 

Pilihan terbaik saat itu adalah rebahan,.dan tanpa disadari ternyata sudah berada didalam mimpi. Bagi ibu rumah tangga yang bekerja, tidak ada bayangan bahwa hari mnggu adalah hari bersantai. Jika ini dilakukan bersiaplah untuk menghadapi rapelan pekerjaan.


Kalau pun merencanakan pergi jalan-jalan dihari Minggu. Saya harus menyiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi saat hari Minggu tidak banyak rapelan pekerjaan yang dilakukan. 

Tapi meskipun demikian rasa lelah akan terbayar jika melihat rumah bersih kinclong tidak ada tumpukan baju kotor. Ternyata bahagia sederhana. Bisa menyelesaikan semua pekerjaan itu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.