Mohon tunggu...
Wisata Pilihan

Pantai Sine Tulungagung Paket Wisata Komplit Super Irit

10 Mei 2017   08:51 Diperbarui: 10 Mei 2017   09:46 0 2 5 Mohon Tunggu...
Pantai Sine Tulungagung Paket Wisata Komplit Super Irit
Panorama Pantai Sine Tulungagung|Dokumentasi pribadi

Menikmati  pemandangan yang indah tanpa harus mengeluarkan banyak uang adalah hal yang  mungkin untuk dilakukan. Contohnya saja saya beserta keluarga, pada liburan  di bulan April 2017 kemarin saya beserta keluarga berlibur ke Pantai Sine Kabupaten Tulungagung. Berbekal biaya perjalanan yang murah meriah , kami sekeluarga dapat menikmati liburan menyenangkan yang menawarkan suasana alam yang eksotik ditambah lagi dengan banyaknya obyek wisata yang dapat dinikmati bersama-sama. 

Mengapa wisata di Pantai Sine saya sebut sebagai wisata komplit dan irit??? Hal ini dikarenakan di Pantai Sine menawarkan banyak pilihan wisata tanpa mengeluarkan banyak biaya. Adapun obyek wisata yang ditawarkan mulai dari Panorama Pantai Sine, Sunrise yang eksotik, Cemara Sewu, Danau Cinta, Area Berenang, Bermain Sampan dan mengendarai  ATP sepanjang Pantai Sine, Perkampungan Nelayan yang khas, Area Camping, Wisata Budaya pada hari tertentu, Tempat Pelelangan Ikan, Wisata Memancing dan Wisata Kuliner Pantai Sine yang khas.   Yang lebih menyenangkan lagi memasuki area wisata Pantai Sine tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya membayar biaya parker saja. Untuk parker kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000,00 dan kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000,00 saja. Coba bayangkan irit sekali bukan?

Pantai Sine merupakan pantai yang eksotik di Tulungagung, disamping beberapa pantai disekitarnya yang tak kalah menarik, seperti Pantai Dlodo, Pantai Gemah, Pantai Sanggar, Pantai Ngalur, Pantai Patok Gebang, Pantai Kedung Tumpang, Pantai Molang, Pantai Coro, Pantai Sidem dan Pantai Lumbung. Lokasi Pantai Sine terletak di Dusun Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir. Wisata Pantai Sine berada pada 35 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Jalur menuju lokasi Pantai Sine berupa jalur pegunungan sehingga selama perjalanan menuju Pantai Sine kita disajikan panorama keindahan khas pegunungan yang sejuk dan indah.  Pantai Sine merupakan pantai alam yang berbentuk teluk. 

Di sebelah utara pantai Sine terdapat tebing yang di tebing tersebut terdapat mata air alami dan di sebelah utara pantai Sine terdapat hutan yang masih alami dan dilindungi. Tipe pantai ini adalah pantai berpasir dengan jenis pasir kuarsa hitam dan pasir besi. Pantai Sine memiliki hamparan pasir yang luas serta pantai yang indah dan alami. Pantai Sine berhadapan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki gelombang besar, sehingga bagi para pengunjung yang ingin berenang di pantai harus senantiasa waspada dan memperhatikan keselamatan. 

Nama Pantai Sine memiliki keunikan, dimana nama Pantai Sine juga dijadikan nama teluk pantai ini berada yaitu Teluk Sine. Pantai Sine ini wajib dikunjungi karena memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan yang lainnya, istilahnya wisata di Pantai Sine adalah paket komplit. Adapun beberapa hal yang menjadi daya tarik pengunjung adalah

Wisata Sunrise

Sunrise Pantai Sine merupakan salah satu sun rise yang terbaik  di Tulungagung karena tidak banyak pantai di Tulungagung yang menghadap ke timur dan tidak kalah dengan sunrise pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Para pengunjung dapat mencari posisi terbaik yang memadukan pemandangan alam yang indah  antara pantai, sunrise dan perbukitan. Bagi yang memiliki hobby fotografi hal ini merupakan momen yang tidak ingin terlewatkan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Sebaiknya pengunjung datang ke wisata Pantai Sine pada pagi buta dengan suasana langit yang cerah sehingga dapat menikmati sunrise di tepi pantai.

Wisata Cemara Sewu dan Danau Cinta

Area Cemara Sewu|Dokumentasi pribadi
Area Cemara Sewu|Dokumentasi pribadi
Selain daya tarik sunrisenya, Pantai Sine memiliki daya tarik lainnya yaitu sejuknya hutan Cemara Sewu dan Danau Cinta yang menjadi magnet bagi pengunjung. Bagi pengunjung yang tidak suka berjemur dan berpanasan, dapat menikmati keindahan pantai dengan berteduh dibawah ribuan pohon cemara. Bagi pengunjung akan suka berlama-lama karena suasananya sejuk dan asri.

Di area hutan cemara terdapat sebuah telaga yang disebut Danau Cinta. Danau cinta merupakan aliran sungai menuju ke laut, namun apabila debit tidak terlalu besar, air akan terperangkap dan tidak dapat mengalir ke laut sehingga membentuk sebuah danau di tepian pantai.  Di danau ini pengunjung dapat berenang dan bermain sampan yang disewakan oleh pengelola. Keindahan Cemara Sewu dikelola oleh kelompok sadar wisata atau Pokdarwis Sine .

Keragaman Budaya Lokal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3