Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

amrih mulya dalem gusti

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Cara Mudah Belajar Bahasa (Inggris)

27 September 2018   12:21 Diperbarui: 27 September 2018   12:40 0 6 3 Mohon Tunggu...
Cara Mudah Belajar Bahasa (Inggris)
ilustrasi: nationalgeographic

Language is a matter of habit, bahasa adalah masalah kebiasaan, jadi dengan pembiasaan kita bisa menguasai suatu bahasa. Belajar bahasa apa pun sesungguhnya mudah, apalagi di zaman kemajuan teknologi informasi sekarang ini. Hanya masalahnya apakah kita mau membiasakan penggunaan bahasa yang bersangkutan atau tidak.

Dalam tulisan ini kita akan mengambil contoh cara belajar bahasa Inggris, meskipun sebenarnya cara ini juga berlaku untuk belajar bahasa apa pun. Itulah sebabnya mengapa tajuk tulisan ini kata 'inggris' diletakkan di dalam kurung.

Penguasaan bahasa seperti kita ketahui menyangkut 4 aspek, yakni listening (kemampuan mendengarkan), speaking (kemampuan berbicara), reading (kemampuan membaca) dan writing (kemampuan menulis). Penguasaannya memang biasanya dengan urutan seperti tersebut. Berikut ini akan kita bahas cara sederhana untuk meraih kemampuan menguasai 4 aspek tersebut, kali ini contohnya adalah bahasa Inggris.

Listening. Kemampuan mendengarkan ini idealnya memang dengan sering bergaul atauberkomunikasi dengan para native speaker, penutur asli. Namun apabila tidak memungkinkan kita bisa menggunakan kemajuan teknologi informasi yang kita miliki. Membuka situs berita atau TV streaming berbahasa Inggris,YouTube atau situs berbasis audio visual bahasa Inggris yang lain akan memudahkan kita belajar listening. Tidak harus dengan PC yang canggih, dengan gadget kita beserta sarana headset yang memadai kita bahkan seolah belajar di sebuah laboratorium bahasa.

Speaking. Kita akan mampu berbicara dengan bahasa Inggris apabila kita sering bergaul dengan para penggunanya yang aktif. Tetapi dengan kemajuan media sosial saat ini pun kita bisa berlatih speaking lewat voice call atau video call dengan biaya internet yang sudah semakin murah. maka kita pun sudah seolah berbicara langsung dengan para native speaker.

Reading. Kemampuan membaca tulisan atau buku berbahasa Inggris memang akan sangat membantu kita dalam memperkaya ilmu pengetahuan kita. Namun dahulu kendalanya adalah keterbatasan serta mahalnya buku-buku berbahasa Inggris. Namun di era sekarang persoalan itu tidak kita alami lagi. Buku-buku bisa kita peroleh dengan mudah dengan semakin banyaknya toko buku yang lengkap. Selain itu kemampuan reading juga bisa kita peroleh dengan cukup membuka dan membaca situs-situs berbahasa Inggris. Buku-buku dalam bentuk e-book pun mudah kita unduh, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Writing. Penguasaan kemampuan menulis ini bisa dengan mudah kita lakukan dengan sering melakukan chatting dengan bahasa Inggris, menulis status dan menanggapinya dalam bahasa Inggris atau bahkan menulis artikel berbahasa Inggris di blog yang banyak bertebaran di dunia maya. Sering menuliskan wisdom words berbahasa Inggris di timeline Facebook kita pun juga bisa menjadi media kita belajar mengungkapkan sesuatu secara tertulis berbahasa Inggris.

Singkatnya, di zaman sekarang sungguh kita berada di era kemudahan belajar bahasa. Kemajuan teknologi digital dan internet seakan membawa kita berada di dunia yang tanpa batas dan sekat, tinggal kita mau memanfaatkannya atau tidak. Selamat belajar!

***

Solo, Kamis, 27 September 2018

'salam cerdas penuh cinta'

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x