Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - Pensiunan

Aku hanya debu di alas kaki-Nya

Selanjutnya

Tutup

Politik

Kaderisasi dalam Partai Politik, Pentingkah?

2 Oktober 2023   08:45 Diperbarui: 2 Oktober 2023   09:31 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: L Hong To Rtai

Beberapa hari ini terjadi perbincangan yang cukup serius mengenai kaderisasi dalam partai politik. Hal ini bermula dari peristiwa Kaesang, putera bungsu Jokowi, yang masuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan langsung ditunjuk sebagai ketua umum. Kemudian PDI-P, lewat Megawati, menanggapi bahwa tidak mungkin orang luar PDI-P langsung masuk partai dan menjadi ketua umum tanpa proses kaderisasi.  Maka pertanyaannya, pentingkah kaderisasi?

Kaderisasi dalam partai politik adalah proses penting dalam mempersiapkan dan mengembangkan kader-kader yang kompeten untuk berperan dalam kegiatan politik dan pemerintahan. Kaderisasi memiliki peran yang sangat penting dalam sistem politik dan partai politik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kaderisasi dianggap penting:

Mempersiapkan Calon Pemimpin: Kaderisasi memungkinkan partai politik untuk melatih dan mempersiapkan anggota muda atau baru yang berpotensi menjadi pemimpin di masa depan. Ini membantu dalam memastikan kelangsungan partai dan juga penyediaan pemimpin yang berkualitas untuk pemerintahan.

Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan: Proses kaderisasi membantu mengembangkan kualitas kepemimpinan dengan memberikan pelatihan, pendidikan, dan pengalaman yang diperlukan bagi kader-kader untuk memahami isu-isu politik, kepemimpinan, dan manajemen partai.

Menjaga Konsistensi Ideologi: Partai politik sering memiliki ideologi dan platform politik tertentu. Kaderisasi membantu memastikan bahwa anggota partai memahami dan mematuhi ideologi ini, sehingga partai dapat tetap konsisten dalam pandangannya dan tidak terpecah belah.

Peningkatan Keterlibatan Publik: Melalui kaderisasi, partai politik dapat melibatkan anggota aktif dalam kegiatan politik dan pemerintahan. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi publik dalam proses politik dan menguatkan sistem demokrasi.

Kualitas Debat PolitikKaderisasi dapat membantu meningkatkan kualitas debat politik dengan melatih kader-kader untuk berkomunikasi dengan baik, memahami isu-isu yang kompleks, dan mengembangkan argumen yang kuat.

Pemilihan yang Lebih Kompetitif: Kaderisasi yang baik dapat menghasilkan calon-calon yang lebih kompetitif dalam pemilihan umum. Ini menguntungkan bagi partai politik karena mereka memiliki calon yang lebih mampu untuk bersaing dan memenangkan dukungan publik.

Mengatasi Masalah Suksesi: Proses kaderisasi dapat membantu partai politik mengatasi masalah suksesi yang mungkin muncul ketika pemimpin partai yang lama pensiun atau tidak aktif lagi. Dengan kader-kader yang siap mengambil alih, partai dapat menghindari kekosongan kepemimpinan.

Namun, pentingnya kaderisasi juga tergantung pada bagaimana proses tersebut dijalankan. Proses kaderisasi yang tidak transparan atau terlalu otoriter dapat mengakibatkan nepotisme atau pemilihan yang tidak adil, yang dapat merugikan partai politik dan sistem politik secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi partai politik untuk menjalankan kaderisasi dengan prinsip-prinsip demokratis dan transparan untuk mencapai hasil yang terbaik.

***
Solo, Senin, 2 Oktober 2023. 8:36 am
Suko Waspodo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun