Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - bukan penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

seorang yang sedang terus belajar menulis agar tulisannya layak dinikmati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perbedaan Gender Vs Stereotip Gender

13 Juli 2020   22:47 Diperbarui: 13 Juli 2020   22:49 635
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustr: European CEO

Apa bedanya dan mengapa itu penting?

Saya mengajar dan menulis tentang gender. Jadi, saya dapat mengatakan, atau menulis, sesuatu seperti: "Rata-rata, pria lebih agresif daripada wanita."

Pernyataan saya seperti ini kadang-kadang bertemu dengan persetujuan "itu benar!".  Atau hanya dianggap sebagai informasi "apakah itu akan diuji?". Namun, kadang-kadang mereka menemui ketidaksetujuan, frustrasi, atau bahkan kemarahan.

Awalnya, ini mengejutkan bagi saya. Pernyataan saya didasarkan pada studi penelitian yang kuat secara metodologi. Biasanya ada beberapa nuansa, misalnya, wanita terlibat dalam kekerasan pasangan intim sesering pria. Namun, secara keseluruhan, literatur menunjukkan bahwa pria lebih agresif daripada wanita.

Dengan waktu dan pengalaman, saya memahami reaksi negatif. Tanggapan umum terhadap pernyataan saya seperti ini adalah "itu hanya stereotip!" Respons umum lainnya adalah memberikan contoh orang yang tidak cocok dengan polanya mis., Wanita yang sangat agresif.

Saya menyadari bahwa ada banyak kebingungan tentang perbedaan antara perbedaan gender dan stereotip gender.

Saya menyadari bahwa reaksi marah terhadap pernyataan saya tentang perbedaan gender sering dimotivasi oleh kekhawatiran bahwa saya tidak menghargai perbedaan antara pria dan wanita, atau gagasan bahwa ada individu pria atau wanita yang tidak cocok dengan pola tipikal.

Bahkan, ide-ide ini diterima dengan baik oleh para ilmuwan sosial. Kami menyebut perbedaan di antara wanita dan di antara pria sebagai variasi dalam gender, dan seseorang yang tidak cocok dengan pola tipikal terlibat dalam perilaku atipikal gender.

Jika ilmuwan sosial, penulis, dan profesor/guru ingin orang memahami perbedaan antara perbedaan gender (yaitu perbedaan antara skor rata-rata pria dan skor rata-rata wanita) dan stereotip, kita perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menyampaikan bahwa mungkin ada perbedaan gender (misalnya, pria lebih tinggi daripada wanita) dan masih ada variasi dalam gender dan pengecualian (misalnya, wanita yang lebih tinggi daripada kebanyakan pria).

Lalu, mengapa para ilmuwan sosial tidak memperjelas hal ini? Pertama, para ilmuwan sosial mungkin berpikir bahwa poin-poin ini dipahami. Namun, jelas mereka tidak atau pernyataan tentang perbedaan gender tidak akan diterima secara negatif. Kedua, lebih pelit untuk membahas perbedaan gender tanpa penyangkalan.

Poin kedua diilustrasikan oleh percakapan saya dengan putri saya ketika masih remaja. Kami memesan makanan di sebuah restoran cepat saji, saat itu ada promo bonus mainan untuk pembelian makanan di situ dan pelayan restoran bertanya apakah kami menginginkan "mainan anak perempuan" atau "mainan anak laki-laki" dengan makanan anak-anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun