Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - bukan penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

seorang yang sedang terus belajar menulis agar tulisannya layak dinikmati

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Suatu Saat dalam Waktu

6 November 2019   11:00 Diperbarui: 6 November 2019   11:06 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
painting by Ann Marie Bone

aku menyaksikan matahari terbenam
aku menyaksikan bagaimana
tepat di atas cakrawala
spektrum samar meminta perhatianku
aku menyaksikan cahaya matahari terbenam
saat ia menyalakan awan dengan nyala lembutnya.
aku menyaksikan langit biru lembut yang kontras
aku menyaksikan menara sel
berdiri sebagai penyangga mekanis ke tempat kejadian
begitu pula mobil-mobil bersembunyi dengan sia-sia
ketika sinar kehitaman memantul dari atapnya

aku menyaksikan semua ini
ketika aku berdiri di kuburan
aku menyaksikan dunia di luar
karena terus berfungsi
tak menyadari kesedihan keluarga yang berduka.
aku menyaksikan ketika kurenungkan fakta
sifat itu masih bersinar anggun
bahkan sebagai jiwa dipanggil untuk kemuliaan

pada saat itu
sebagai sisa fana orang itu
sedang diturunkan ke kuburnya
suatu tempat di bagian lain dunia
kehidupan baru sedang lahir

pada saat itu
sebagai keluarga mengucapkan selamat tinggal
suatu tempat orang bertemu
atau jatuh cinta
atau memulai perjalanan baru bersama

pada saat itu
saat keluarga itu menyeka air matanya
suatu tempat air mata patah hati
sedang ditumpahkan

tetapi aku tidak pernah tahu itu
saat aku menyaksikan matahari terbenam ini
itu hanya momen lain dalam waktu
suatu saat dalam waktu
di mana sejuta hal berbeda
terjadi sekaligus

***
Solo, Rabu, 6 November 2019. 10:50 am
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
pepnews

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun