Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - bukan penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

seorang yang sedang terus belajar menulis agar tulisannya layak dinikmati

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Hidup Tanpa Sukacita

18 September 2019   18:58 Diperbarui: 18 September 2019   18:56 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
painting by Ronnie Biccard

aku pikir aku akan berhasil
sudah begitu lama engkau melihat
ada banyak lagi kehidupan di belakangku sekarang
daripada yang berada di depanku

ada waktu, ketika tidak begitu yakin
aku berpikir untuk mengakhirinya
aku tidak melihat bagaimana seseorang bisa hidup
tanpa banyak kesenangan dan kemenangan

tetapi aku tahu engkau mampu bertahan
tanpa sesuatu yang istimewa
dan bagaimanapun, itu harus dikatakan
dari hidup, apa yang dilakukan sudah selesai

jadi aku memilih untuk melanjutkan
dengan beban hidup dan kewajiban
aku berharap jika aku mampu membawa ini
Tuhan mungkin tidak memberi saya lebih banyak

tetapi jika Dia melakukan, kuharap Dia mengabulkan
aku hanya punya satu permohonan sederhana
mengakhiri hidupku dengan satu cinta yang luar biasa
siapa yang akan membawa sukacita besar bagiku

jadi sekarang aku mendekati akhir kehidupan
hari-hari kegembiraanku sudah dekat selesai
aku pasti berbohong jika aku berani mengatakan
aku tidak pernah bersenang-senang

tetapi apa yang benar, dan itu intinya
tentu saja, jangan engkau setuju
apakah cinta benar-benar yang dibutuhkan
agar sukacita dibebaskan?

begitu seterusnya dengan apa yang tersisa
aku berharap, tidak terlalu lama
dari kehidupan, untuk mengetahui cinta yang hebat
apabila harus saatnya datang

dan saatnya aku harus berpisah
aku tidak akan menyesali sukacita mereka
jika orang lain merasakan apa yang pernah kurasakan
ketika aku masih kanak-kanak

sebaliknya aku akan tersenyum dan hanya mengingat
sukacita yang kurasakan saat itu
dan ketahuilah bahwa aku akan segera merasa
cinta yang begitu luar biasa lagi

***
Solo, Rabu, 18 September 2019. 6:43 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
pepnews

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun