Mohon tunggu...
Sukma Anggara
Sukma Anggara Mohon Tunggu... Mahasiswa - santri

teruslah bernafas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

6 Oktober 2022   15:16 Diperbarui: 6 Oktober 2022   15:18 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam kegiatan hominisasi tepatnya sebelum hari H,, saya telah mengikuti beberapa aktivitas seperti menyimak lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza dimana ada syair yang menarik menurut saya yaitu "Tanah yang Suci"  dari syair ini memiliki arti yang sangat mendalam, bahwasannya memiliki arti tanah atau wilayah indonesia ini adalah milik rakyat indonesia bukan dari hasil menjarah tanah negara lain. Tanah indonesia ini juga memiliki banyak sekali sumber daya alam dan memiliki pemandangan-pemandangan yang indah. Kemudian saya menonton film dokumenter tentang kue tradisional yang kian terlupa, pada film ini saya sadar bahwa pentingnya melestarikan atau mempertahankan kue-kue tradisional agar tidak terlupakan atau kalah saing dengan kue modern. Pada saat hari H, saya mengikuti kegiatan geladi yang diawali dengan  doa kemudian menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkandengan  menyanyikan Hymne Unpar. Lalu saya berdinamika atau berdiskusi dengan teman-teman sekelompok saya untuk membahas sbuah persoalan tentang kesehatan jiwa yang kemudian di presentasikan bersama di depan teman-teman yang lainnya.

Refleksi pengalaman saya terkait geladi hominisasi ini saya jadi lebih mengetahui bahwa kebaragaman itu tidak akan lepas dari yang namanya kehidupan apalagi di negara Indonesia ini yang memiliki beribu-ribu  pulau. Dengan keberagaman ini kita harus bisa menjungjubg tinggi toleransi saling menghargai satu sama lain. Selain itu, saya juga menjadi lebih mengetahui  cara berpresentasi yang baik dan benar. Dengan adanya Geladi Hominisai ini juga saya jadi bisa lebih berpikir kritis.

Kemampuan menggunakan logika itu sangat penting karena dengan logika ini kita bisa membedeakan mana yang baik dan buruk atau yang benar dan salah, dengan modal ini sudah seharusnya kita bisa terhindar dari informasi hoax  dan juga dari informasi yang bisa memecah belah bangsa kita ini. Kemampuan bahasa pun sangat penting karena dengan menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari kita dapat saling berkomunikasi apalagi Indonesia ini sangat beragam bahasa dan suku sehingga jika tisak bisa berbahasaIndonesiaa akan sulit untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Manfaat yang saya dapatkan dari acara Geladi Hominisasi ini menambah wawasan saya tentang hari-hari penting seperti hari kesaktian pancasila, hari kopi sedunia, hari kesehatan jiwa sedunia dan lain-lain. Selain itu saya juga belajar bahwa betapa pemtingnya menghargai keberagaman yang ada. Dengan kebaragaman ini Indonesia memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Kemudian dengan gladi ini juga saya dilatih agar bisa berdiskusi dengan orang yang belum saya kenal secara tidak langsung ini melatih skill komunikasi saya.

Kemampuan yang saya dapat ini pasti saya akan terapkan dalam kehidupan kuliah seperti kemampuan berpresentasi yang baik dan benar. Dengan banyak membaca dan bersosialisai maka  kemampuan saya dalam berpikir akan bisa terlatih lebih kritis dan kemampuan bahasa pun meningkat juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun