Mohon tunggu...
Sukma Indrakusumah
Sukma Indrakusumah Mohon Tunggu... Operator - Mahasiswa Pasca Sarjana

Universitas Bina Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Money

Metaverse dan Peluang Pemasaran

11 Februari 2022   08:38 Diperbarui: 11 Februari 2022   08:46 466 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Akhir-akhir ini semua kalangan sepertinya membicarakan Metaverse, terutama setelah Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan media sosial terbesar Facebook menjadi Meta. Facebook bahkan berani mengeluarkan $10 miliar  atau sekitar 140 triliun rupiah dengan  kurs saat ini, hanya untuk membangun Metaverse.  

Metaverse awalnya hanya rencana Zuckerberg yang dianggap sekedar imajinasi saja namun saat ini Metaverse diketahui dapat mengubah cara orang hidup, bersosialisasi, bekerja, dan bahkan berbisnis. Dengan Metaverse, terbuka peluang untuk meraih keuntungan bisnis dengan cara berbeda dibandingkan cara-cara konvensional sebelumnya.

Metaverse mewujudkan dunia 3D yang mirip dengan dunia nyata mirip kehidupan bumi yang keindahannya tidak terbayang sebelumnya.

Pada Metaverse seseorang dapat menjadi sesuatu dan melakukan sesuatu seperti yang diinginkannya yang dalam kehidupan nyata sangat sulit untuk dijangkau. 

Dengan latar belakang itu maka banyak perusahaan-perusahaan digital seperti Facebook  berkompetisi untuk menyediakan ruang area virtual metaverse dengan menggunakan teknologi canggih dan mutakhir untuk menghadirkan konsep dunia yang menarik setiap orang untuk tinggal di dunia Metaverse. 

Facebook di akhir tahun 2021 sudah meluncurkan aplikasi Metaverse berupa Project Cambria Headset, Presence Platform, dan Perangkat Artificial Intellegence untuk para pengguna dan pengembangnya. Aplikasi tersebut dapat menghadirkan objek virtual dan augmented reality dan memungkinkan adanya interaksi para pemain. Interaksi sosial pengguna di dunia virtual ini tidak hanya berupa sosialisasi tetapi juga belanja, rekreasi, pembelajaran sehingga membuka peluang bagi dunia bisnis dan industri digital untuk memanfaatkan metaverse.

Contohnya adalah perusahaan iklan game Anzu, Roblox dari Werner Media  yang menawarkan ruang iklan yang dapat dibeli mulai 6 sampai 12 dolar,

Pengguna juga diberikan ruang kreasi dan menciptakan ruang pemasaran di banyak game-game di Metaverse contoh yang paling kreatif adalah restoran ayam Wendy's yang memiliki karakter untuk 'membunuh' semua freezer dalam mode Food Fight game.

Kesimpulannya banyak peluang tercipta di dunia metaverse dan perusahaan pengembang 3D dapat berlomba untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Selain itu manfaat lainnya dari dikembangkannya metaverse adalah tersedianya Ruang Kantor Virtual yang membuat setiap pengguna merasakan seperti berkumpul pada ruangan yang sama . Sebelumnya penggunaan media komunikasi seperti Microsoft Team, Zoom dan lainnya yang dalam masa pandemi saat ini sangat berguna  untuk perusahaan-perusahaan dalam menjaga komunikasi para karyawan. 

Virtuworx mempelopori pembuatan Ruang Kantor Virtual dengan menciptakan realitas virtual berbasis avatar dan lingkungan realitas. Hal ini memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda dan juga membuka peluang untuk kegiatan produktif lainnya seperti virtual training, pameran dan konferensi tanpa menatap layar sepanjang waktu seperti sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan