Mohon tunggu...
Sukasmo Kasmo
Sukasmo Kasmo Mohon Tunggu... Sekedar berbagi serta belajar bersama

Seorang anak desa yang terdampar di pesisir utara , adoh ratu cedak banyu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

19 Februari 2021   23:00 Diperbarui: 19 Februari 2021   23:36 111 0 0 Mohon Tunggu...

Membiasakan membaca atau literasi merupakan hal penting bagi setiap umat manusia. Masyarakatpun mempunyai perhatian yang serius terhadap pembimbingan membaca atauliterasi, hal ini terbukti dengan banyaknya lembaga pendidikan yang melakukan gerakan literasi di sekolah.

Tapi kenyataannya masih banyak siswa siswi SMP N 2 Kaliwungu yang belum dapat membaca Puisi dengan benar, bahkan belum dapat memahami sebuah puisi dengan baik,, walaupun sarana prasarana sangat memadai.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa, hususnya materi membaca karya sastra. Setelah diadakan proses belajar mengajar dan diadakan evaluasi, ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Hasil belajar yang belum memuaskan itu dikarenakan dalam proses pembelajaran belum menggunakan strategi yang menarik bagi siswa, tapi hanya menggunakan methode ceramah, sehingga cenderung siswa itu pasip dan hanya mendengarkan saja, peneliti berharap dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik akan dapat memotivasi siswa untuk belajar yang ahirnya dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Motivasi siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar juga rendah, hal ini terbukti dengan kondisi siawa, ketika peneliti masuk kelas masih ada beberapa siswa yang belum mempersiapkan perlengkapan belajar, bahkan masih ada siswa yang belum duduk di tempatnya. Selain itu peneliti juga belum  menggunakan strategi pembelajaran Card Sort.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti menganggap Standar Kompetensi Membaca Karya sastra dengan Kompetensi Dasar Membaca Puisi perlu diteliti lewat PTK. Dengan menerapkan strategi Pembelajaran Card Sort, peneliti berharap dapat mengoptimalkan aktifitas belajar siswa serta melatih siswa untuk bekerja sama yang baik dengan teman-temannya.

Peneliti menganggap penelitian ini penting dilakukan dengan harapan dapat menemukan strategi yang jitu bagi guru untuk  melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca puisi yang lebih efektif serta memotivasi siswa untuk mempelajari Bahasa Indonesia dengan sepenuh hati yang pada ahirnya dapat meningkatkan kemampuan membaca Puisi sesuai dengan ilmu yang ada.

Untuk menerapkan strategi pembelajaran Card Sort, dilakukan secara kelompok besar yaitu antara 4-5 siswa, kemudian dilakukan dengan dengan berpasangan. Dengan cara ini peneliti berharap dapat memaksimalkan hasil belajar yang diperoleh siswa.      

Strategi pembelajaran Card Sort (Sortir Kartu), merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta tentang obyek atau mereview informasi.

Gerakan fisik yang dilakukan dalam strategi ini dapat membantu mendinamiskan kelas yang jenuh atau bosan. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam menerapkan strategi pembelajaran Card Sort adalah sebagai berikut:

1) Guru menyiapkan kartu berisi tentang materi pokok sesuai SK/KD mapel ( Catatan : @ perkirakan jumlah kartu sama dengan jumlah murid di kelas. @ isi kartu terdiri dari kartu induk /topik utama dan rincian).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN