Mohon tunggu...
Supra
Supra Mohon Tunggu... Operator - Operator di anak perusahaan BUMN

Menulis apa saja asalkan yang ringan - ringan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jumat Berkah

22 Oktober 2021   13:16 Diperbarui: 22 Oktober 2021   13:21 95 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum'at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum'at". (HR. Muslim)
 

Dalam ajaran agama islam ada satu waktu dimana waktu tersebut begitu diistimewakan dan memiliki kelebihan atas waktu yang lain. diantara waktu yang istimewa tersebut adalah hari Jumat. 

Pada hari jumat ini banyak keistimewaan yang ada, diantara nya yaitu pada hari jumat merupakan salah satu waktu terbaik untuk beramal sholeh. Tahun ini pada hari jumat (22/10/2021) kebetulan bertepatan dengan hari santri Nasional sesuai apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Peringatan hari santri nasional tidak hanya sekedar sebuah peringatan akan tetapi harus menjadi tonggak kebangkitan terutama untuk diri kita sendiri agar lebih mengamalkan kebaikan. 

Kita bisa mendalami bagaimana karakter santri yang mana dalam pembelajaran di pesantren tentunya mesti mengedepankan nilai - nilai ajaran islam. Para santri tentunya dididik untuk memiliki karakter seperti para ulama yang menjadi pembimbing mereka dan mencontoh karakter dari Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan terbaik bagi semua orang untuk menjalani kehidupan ini.

Hari ini sebagaimana peringatan hari santri Nasional dan bertepatan dengan hari jumat penulis tergerak untuk mendalami kenapa pada hari jumat ini begitu istimewa dalam ajaran islam. Dalam sejarahnya pada hari jumat banyak kejadian - kejadian penting yang terjadi sesuai apa yang di sabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Hari jumat merupakan hari bapak kita semua Nabi Adam SAW diciptakan, Kita semua yang beragama islam pasti tau apa tujuan penciptaan Nabi Adam SAW. Manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin atau khalifah di bumi ini. 

Manusia dibekali kecerdasan oleh Allah sebagaimana tujuan nya untuk menjadikan manusia bisa menilai mana yang baik dan mana yang buruk. Manusia diciptakan untuk mengayomi dan melindungi semua hal yang ada di bumi ini bukan malah merusaknya dan berbuat semena - mena. Seperti apa yang dilakukan oleh Nabi Adam SAW.

Hari jumat ini pula Nabi Adam SAW memulai perjalanan nya di bumi ini.  Pada hari jumat Nabi adam dan pasangannya Siti Hawa diturunkan oleh Allah SWT ke bumi secara terpisah. 

Nabi adam diturunkan ke bumi mungkin karena sebuah kesalahan yang dilakukan nya akan tetapi Allah lah maha mengetahui dari segala hal. Bisa kita bayangkan ujian yang dialami oleh Nabi Adam saat pertama kali diturunkan ke bumi ini Nabi Adam hidup sendiri dan terpisah dengan jarak yang sangat jauh dari pasangan nya Siti Hawa. Nabi Adam sadar akan kesalahan yang telah dilakukan nya dan terus memohon ampun kepada Allah dan tetap tabah menjalankan perintah Allah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan