Mohon tunggu...
Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi Mohon Tunggu... Enterpreneur

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

TransJakarta Laut Upaya Pemprov DKI Menata Kepulauan Seribu

14 Juni 2019   10:53 Diperbarui: 14 Juni 2019   11:24 0 0 0 Mohon Tunggu...
TransJakarta Laut Upaya Pemprov DKI Menata Kepulauan Seribu
wisatawan tujuan Kepulauan Seribu di Kaliadem (ft. Panani)

 

Pemprov DKI Jakarta memiliki wilayah perairan di utara Teluk Jakarta yang dinaungi sebuah kabupaten yaitu  Kabupaten Jakarta Kepulauan Seribu yang terdiri 111  pulau-pualu kecil yang dihuni sekitar 28.000 jiwa yang tersebar di 11 pulau. Kabupten Jakarta Kepulauan Seribu  memiliki potensi wisata bahari menawan.

Pantai yang indah dengan karang-karang dangkal membuat dengan kasat mata bisa memandang bawah laut dan tak bosan mata memandang. 

Indahnya bawah laut di beberapa spot sekitar pulau-pulau kecil dan suasana yang tenang mendorong daerah ini menjadi daerah witasa pilihan sebagian warga Jakarta dan sekitar Bodetabek, bahkan sebagian kecil turis asing datang untuk menikmati wisata.

Pada tahun 2017, Kepulauan Seribu masuk 10 besar  destinasi unggulan Pariwisata Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata. Ditetapkan sebagai 10 daerah kunjungan wisata nasional oleh Kemenpar, bagimana perkembanganya setelah dua tahun berlalu?  

Saat ini akses dari daratan Jakarta ke Kabupaten Kepulauan Seribu menggunakan kapal laut sebagai satu-satunya akses melalui beberapa pelabuhan di Jakarta daratan dengan berbgai  layanan kapal.

kapal wisata di luar negeri - phoneninja.org
kapal wisata di luar negeri - phoneninja.org

Dari Pelabuhan Sunda Kelapa  warga dapat menggunakan   kapal perintis negara  yang dioperasikan PT PELNI (Persero) dengan biaya murah karena disubsidi  negara melalui  Kementerian Perhubungan. 

Kapal perintis ini  ditempatkan diujung pelabuhan yang  menyulitkan akses orang dan  kendaraan dari pintu gerbang ke kapal yang harus melalui jalan berliku dengan truk-truk muat bongkar barang lalu lalang,  debu beterbangan dan becek bila musim hujan. Tidak layak untuk pelayanan penumpang sesuai standar keselamatan.

Akses berikutnya dari Pelabuhan Kaliadem, Jakarta Utara. Pelabuhan ini dilayani dengan  kapal-kapal  pelayaran rakyat yang merupakan cikal bakal pelayaran warga dari Jakarta ke Kepulauan Seribu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4