Jakarta, 20 April 2018 - Merayakan hari jadinya yang ke-100, anak usaha PT Pelni (Persero) yang bergerak di bidang kesehatan meresmikan fasilitas Klinik Eksekutif Heritage yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk peserta BPJS. Dengan melakukan top up, membayar selisih biaya, peserta BPJS yang mengutamakan kenyamanan, dapat merasakan konsep layanan kesehatan "one stop service" yang lebih personal. Klinik Eksekutif Heritage dilengkapi dengan jajaran dokter spesialis senior yang siap memberikan layanan kesehatan yang prima dan mengutamakan kenyamanan pasien.
RS Pelni yang dibangun pada 1913 dan dioperasikan 1918 sebelumnya merupakan rumah sakit untuk pelayanan kepada para anak buah kapal (ABK) kapal-kapal milik KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappi) dan para buruh kapal. Maskapai pelayaran Belanda itu memutuskan diri mendirikan rumah sakit sendiri untuk merawat para pegawai perusahaan dengan kapasitas 150 bed.
Kompleks gedung RS Â dirancang oleh Arsitek F.J.L Ghysels seorang insinyur sipil, pada 1914. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan dilakukan pada pertengah tahun 1914, dengan kordinator F. Stoltz dengan luas lantai 7.754 meter2 di atas area tanah seluas 30.000 meter2. Informasi tentang peresmian RS KPM pada tanggal 21 April 1918, tanggal tersebut dijadikan sebagai dasar menentukan Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Pelni. RS Pelni merupakan rumah sakit tertua di Jakarta.
Dengan dikeluarkanya izin pemisahan dari Menteri BUMN, No. S-743/MBU/20027, tanggal 31 Oktober 2007,  RS Pelni yang semula bagian dari bisnis sampingan di PT. Pelni (Persero),  menandai perubahan rumah Sakit Petamburan menjadi  Rumah Sakit Pelni sebagai anak perusahaan PT. Pelni (Persero). Rumah sakit tertua di Jakarta ini, dalam perjalananya mengalami berbagai siklus hidup dalam upaya ikut berperan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.
Sebagai RS BUMN, RS Pelni telah mengimplementasikan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dengan memberikan pelayanan kepada pemegang kartu BPJS Kesehatan yang dijalani sejak 1 Januari 2014. Sebagai pelopor pelayanan BPJS, RS Pelni menjadi percontohan. Berbagai Rumah Sakit daerah maupun swasta datang untuk belajar ke RS Pelni.
"Hadirnya Klinik Eksekutif Heritage dapat memberikan pelayanan kesehatan secara merata pada semua kalangan dan memberikan kemudahanan akses bagi pengguna BPJS mendapatkan layanan kesehatan yang diinginkan," kata Rini saat meresmikan Klinik Eksekutif Heritage di RS Pelni, Jakarta, Jumat (20/04/2018) pagi.
Rini yang hadir bersama Dirut Bank Himbara (himpunan bank milik negara) dan beberapa Direksi BUMN menyampaikan kegembiraanya atas layanan RS Pelni yang telah melayani BPJS sejak 1 Januari 2014. Layanan RS Pelni yang telah menerapkan IT telah memberikan kemudahan dalam pelayanan pasien dengan Anjunan Pendaftaran Mandiri (APM) "Dengan APM sangat mudah dan cepat. Pasien atau keluarga yang akan berobat terlayni mandiri," terang Rini dalam sambutan peresmian.
Pada acara peresmian Klinik Haritage juga ditandatangi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Rumah Sakit Pelni dengan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk dan PT. Biofarma (Persero). Kimia Farma sinergi dalam pengadaan obat-obatan dan alat-alat kesehatan. Sedangkan dengan Biofarma terkait penyediaan faksin. "Ke depan saya berharap Biofarma dapat berperan lebih besar dan kita tidak perlu impor faksin," tegas Rini.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing mengungkapkan bahwa RS Pelni merupakan anak perusahaan PT Pelni yang selalu menunjukan keunggulan dari sisi pelayanan untuk peserta BPJS.