Mohon tunggu...
Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi Mohon Tunggu... Enterpreneur

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Pendukung Persipura dari Ibu Hamil hingga Anak-anak Hadir di Stadion

9 April 2018   21:48 Diperbarui: 10 April 2018   02:01 1602 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendukung Persipura dari Ibu Hamil hingga Anak-anak Hadir di Stadion
Penonton di Stadion Mandala Jayapura (Ft. Pribadi)

Sepak bola di bumi cendera wasih, Papua, khusunya di Kota Jayapura menjadi kegemaran nomor wahid. Penggemar dan pendukung kesebelasan kesayangan Persatuan Sepak Bola Indonesia  Jayapura (Persipura) sangat beragam.

Tidak hanya orang dewasa, ibu hamil 7 bulan, anak-anak usia dibawah sepuluh tahun hingga kakek-kakek datang ke stadion menyaksikan dan mendukung langsung pertandingan Persipura versus PS. Tira TNI yang berlangsung Sabtu (7/4).

Kebetulan penulis mendapat tugas ke Jayapura mulai Jumat (6/4) hingga Minggu (8/4) untuk menyelenggarakan kegiatan  Corporate Social Responsibility (CSR) di Abepura, Jaya Pura, Provinsi Papua. Berkunjung kedua kali ke Papua penulis berniat ke perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini di sisi utara wilayah Papua.

Penulis ingin ke kilo meter Nol Jayapura setelah pada 3 Februari 2018  ke Sota, kilo meter Nol Indonesia di Merauke. Niat ke perbatasan belum kesampaian,  selepas kegiatan CSR membersihkan Kali Acai hingga sore, niat ke perbatasan negeri batal.

Karena batal ke perbatasan negeri, sedangkan waktu masih pukul 15.00 WIT penulis tertarik untuk menonton pertandingan sepak bola Liga 1 antara kesebelasan Persipura melawan PS Tira-TNI di Stadion Mandala, Jayapura.

Penulis ditemani Daniel, Heri dan Ishak pegawai PT. Pelni (Persero) dari kantor cabang  Jayapura yang sama-sama penggemar bola. Daniel, Heri dan Ishak  dengan senang hati menemani penulis  nonton pertandingan secara langsung di Stadion Madala Jayapura.

Penjual pinang berderat menjelang masuk stadion (Ft. Pribadi)
Penjual pinang berderat menjelang masuk stadion (Ft. Pribadi)
Daniel, langsung pesan tiket kepada kenalannya yang sudah lebih dulu datang di stadion. Kami berempat segera menuju Stadion yang terletak di tepi laut di Teluk Jayapura. Sebelum masuk stadion jalanan tampak  macet oleh kendaraan sepeda motor, mobil dan pejalan kaki memadati jalan menuju stadion.

Mereka bahagia penuh canda memberikan dukungan kepada kesebelasan kesayangan warga Jayapura dengan hadir di stadion secara langsung.

Sebelum masuk ke stasion, puluhan pedagang pinang berjejer di hampir menjelang pintu masuk stadion.  Makan pinang menjadi kebiasaan warga Papua tidak hanya perempuan, kaum pria juga tidak sedikti memiliki kebiasaan mengunyah buah pinang yang dapat menguatkan gigi. Kebiasaan ini sudah turun temurun, mereka lebih memilih mengunyah buah pinang daripada merokok.

Tidak hanya penjual pinang saja yang mengais rezeki dari sepakbola, sebelum menuruni jalan masuk menuju stadion, puluhan penjual kaos "Persipura" berjajar menyetop kendaraan untuk menawarkan kaos Persipura.

Harga kaosnya cukup mahal, kaos yang di Jakarta seharga Rp 50 ribu, di Jayapura dijual Rp 100 ribu. Penulis membeli untuk kenang-kenangan dan teah mendukung kesebelasan Persipura secara langsung di stadion.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN