Mohon tunggu...
Euis Novianti
Euis Novianti Mohon Tunggu... Life Must Goes On

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030016

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Ketika Teman Mulai Berkurang Seiring Bertambahnya Usia

17 Maret 2021   10:43 Diperbarui: 18 Maret 2021   02:18 1371 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Teman Mulai Berkurang Seiring Bertambahnya Usia
Ilustrasi pertemanan makin berkurang seiring waktu (Sumber: www.pexels.com)

Pernah nggak kalian merasa kok makin tambah umur teman kalian makin berkurang? Kok yang awalnya dekat tiba-tiba jadi seperti nggak kenal? Jangankan akrab seperti dulu, ketemu di jalan aja nggak saling saling sapa, bukan?

Mari kita bahas. Tapi sebelum itu, sebenarnya circle pertemanan itu kalian dapatkan dari mana sih? 

Tahukah kamu bahwa circle atau lingkaran pertemanan itu sebenarnya diperoleh dari beberapa hal.

Pertama, teman itu kalian dapatkan karena faktor lingkungan
Lingkungan di sini sangatlah umum, misalnya kalian berada dalam satu sekolah, kelas, satu lingkungan kuliah atau satu daerah.

Ketika memiliki lingkungan yang sama, mungkin saja akan terjadi suatu circle pertemanan. Karena pada dasarnya jika orang disatukan dalam lingkungan yang sama, maka akan terjadi komunikasi yang berujung hubungan.

Kedua, berada pada level hidup yang sama
Contohnya seperti ini, kalian sedang berada pada level mencari pasangan hidup. Maka kalian akan menemukan orang yang juga sama sedang mencari pasangan hidup.

Ketiga, mempunyai hobi yang sama
Ketika kalian mengetahui sesuatu yang kalian sukai, maka kalian pasti akan mencari atau menemukan orang yang memiliki hobi yang sama. Contohnya ketika kalian menyukai musik, maka kalian akan mempunyai kemauan untuk mencari teman atau orang yang menyukai musik juga.

Saat kita sudah tahu juga siapa dan seperti apa diri kita, maka akan mudah bagi kita menemukan apa yang kita suka dan circle pertemanan apa yang kita inginkan. Dan ketika hal itu terjadi, maka akan mudah bagi kalian untuk menentukan sesuatu yang menurut kalian tepat.

Nah mungkin itu adalah beberapa yang menyebabkan seseorang bisa berteman. Sampai sini kalian paham bukan?

Nah sebenarnya ketika kalian kehilangan teman seiring berjalannya waktu, itu merupakan suatu kewajaran sih menurut saya. Karena semakin kalian tumbuh dewasa, kalian akan mulai mencari dan beradaftasi dengan lingkungan baru. Dan hal itu pasti akan menimbulkan kecanggungan bagi kalian maupun bagi teman kalian di masa lalu.

Jangan khawatir, itu sudah menjadi realita kita sebagai manusia yang terus tumbuh. Misalnya kalian mengambil jalan untuk menjadi seorang news anchor, sedangkan teman kalian mengambil jalan menjadi seorang public relation. Kalian tidak mungkin kan terus bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN