Mohon tunggu...
Euis Novianti
Euis Novianti Mohon Tunggu... Life Must Goes On

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030016

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

[Review] Drama Korea "School 2015: Who Are You?", Ketika Saudara Kembar Bertukar Posisi

4 Maret 2021   20:32 Diperbarui: 4 Maret 2021   21:00 236 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Review] Drama Korea "School 2015: Who Are You?", Ketika Saudara Kembar Bertukar Posisi
Sumber gambar : hotdetik.com

Bagi kalangan pencinta drama korea tentunya tidak asing lagi dengan drama Korea yang berjudul School 2015 : who are you?. Drama ini dikabarkan dapat membuat para penonton penasaran dan geregetan dengan alur yang disuguhkan oleh sutradaranya. Alur cerita yang tidak bisa ditebak begitu saja oleh para penonton karena banyaknya mistri yang harus penonton fahami.

Drama ini menceritakan tentang saudara kembar yang tinggal dan memiliki kehidupan serta kepribadian yang sangat jauh berbeda. Dalam drama ini juga diceritakan tentang pembullyan yang terjadi antara murid di sekolah. Di sisi lain dalam drama ini juga disuguhkan oleh kisah cinta antar pemain yang membuat drama ini semakin menarik.

Drama ini dibintangi oleh Kim So Hyun, Nam Joo Hyuk dan Yook Sung Jae sebagai pemeran utama. Kim So Hyun berperan sebagai Lee Eun Bi dan Go Eun Byeol, Nam Joo Hyuk memerankan Han Yi An dan Yook Sung Jae memerankan Gong Tae-Kwang.

Yang membuat drama ini semakin seru adalah adanya perundungan yang dilakukan oleh Kang So-Young dan teman temanya kepada Lee Eun Bi karena Lee Eun Bi melakukan pembelaan kepada temanya yang dirundung juga.

Dilansir dari Wikipedia.com. Perundungan, Perisakan, Pengintimidasian ( bullying ) adalah pengggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Bullying dapat terjadi ketika adanya suatu keadaan atau tindakan yang tidak sesuai antara kemampuan atau kekuasaan seseorang. Bullying sendiri dapat meliputi pelecehan secara lisan baik merupakan ancaman atau penghinaan, kekrasan fisik dan hal lain yang dirasa memojokan seseorang.

Di Indonesia sendiri pelaku bullying terhadap anak dapat dipidana. Hal ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Dalam undang undang tersebut diantur bahwasannya setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan atau turut serta dalam melakukan kekerasan terhadap anak. Dan bagi yang melangarnya akan dikenakan hukum pidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun 6 bulan dan/atau denda paling banyak Rp 72.000.000

Di Korea Selatan sendiri, penerapan Undang-Undang tentang perlindungan anak baru diberlakukan pada tahun 2014. Korea Selatan juga memiliki lembaga pengaduan khusus bagi siapa saja yang mendapati atau mengetahui adanya kasus bullying. Lembaga tersebut memiliki satu nomor khusu yang bisa diakses oleh setiap orang dari kalangan manapun.

Bullying sendiri dapat memberikan dampak yang buruk bagi penerimanya. Diantara dampaknya adalah korban bullying dapat mengalami depresi dan kecemasan. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya persaan sedih dan merasa tidak diakui bagi penerima bullying itu. Hal lain yang bisa didapat adalah penerima bullying dapat mengalami berbagai keluhan kesehatan.

Setelah memahami tentang definisi, hukuman, dan dampak dari bullying mari simak sedikit tentang perilaku bullying dan berbagai kisah lain yang ada dalam drama School 2015 : Who are you?.

Drama ini dimulai dengan kisah dari Lee Eun Bi yang merupakan seorang anak yang tinggal dan besari di sebuah panti asuhan di provinsi Gyeongsang Selatan yang bernama panti asuhan Love House Tongyeong. Di panti tersebut Eun Bi tinggal bersama pengurus anak-anak lain yang lebih kecil dari dirinya. Anak-anak tersebut menganggap Eun Bi adalah malaikat sekaligus pengganti ibu bagi mereka karena kebaikan yang dimiliki Eun Bi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN