Mohon tunggu...
Suhardy Amir
Suhardy Amir Mohon Tunggu... Guru - Guru - Trainer - Duta Canva Indonesia

Saya adalah seorang guru dan juga sebagai trainer di berbagai platform edutechnology

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menguasai Dunia Maya

11 September 2022   23:26 Diperbarui: 11 September 2022   23:36 66 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Awal sejarah internet berasal dari Amerika Serikat, pada tahun 1969 melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dimana mereka mendemonstrasikan hardware dan software,yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan.

Tujuan awalnya dibangun untuk proyek keperluan militer, gunanya untuk menghubungkan jaringan komputer di daerah-daerah serangan nuklir. Dan menghindari terjadinya informasi terpusat agar dapat dihancurkan dengan mudah.

Namun, seiring berjalannya waktu internet kini begitu cepat berkembang, dengan banyaknya situs-situs pertemanan seperti Yahoo messenger, facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Di jaman modern seperti sekarang ini penggunaan internet sangat dibutuhkan, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, ibu rumah tangga dan lain-lain.

Penggunaan jejaring social atau dunia maya sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita, karena dengan menggunakan media social kita bisa mengetahui berita terkini atau apapun hanya dengan membuka situs-situs tertentu tidak perlu lagi nongkrong di depan televisi ataupun susah mencari warnet.

Dampak dari penggunaan internet memang sangat besar pengaruhnya, misalnya terhadap anak remaja sangat menyukai permainan game online yang saat ini sedang booming.

Namun, bagaimana dengan cara menguasai dunia maya?. Menguasai dunia maya bisa dengan cara seperti berkaya.

Berkaya dalam artian memberikan nilai positif bagi yang lainnya, misalnya berjualan pakaian gamis,  untuk menarik minat wanita terhadap pakaian muslim dan kebanyakan wanita tertarik dengan pakaian tersebut, sehingga mem berikan pengaruh baik, ketika seorang wanita muslimah yang belum berhijab membeli produk tersebut kemudian memakainya.

Jejaring sosial yang paling digemari biasanya facebook, aplikasi yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini banyak diminati oleh masyarakat luas di seluruh dunia. Dengan aplikasi ini kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri. Mungkin saja bisa memberikan manfaat untuk berjualan online. Sekarang ini jualan online sudah ada aplikasi sendiri , seperti: Shopee, Lazada, Tokopedia,dan lain-lain.

Sebaiknya, jikalau menggunakan media sosial, harus yang bisa membawa manfaat bagi kita, ambil sisi positifnya saja dan jauhi sisi negatifnya.

Bisa juga dengan cara, membuat sebuah tulisan seperti cerpen di platform khusus untuk menulis, misalnya aplikasi wattpad, KBM , Noveltoon dan lain sebagainya.

 Membuat cerita yang mengisahkan tentang seorang yang berjuang dari nol, atau apapun itu yang dapat memotivasi mereka sehingga memberikan nilai-nilai yang baik terkandung dalam cerita tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan