Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mobil Pustaka Keliling Dikerubuti Peserta Didik MIN 12 Nagan Raya

2 November 2022   21:59 Diperbarui: 2 November 2022   22:05 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
para peserta didik MIN 12 Nagan Raya sedang membaca buku dari mobil pustaka keliling (Dok.Sumber MIN 12 )

Penerapan semangat literasi atau menggalakan budaya membaca pada peserta didik harus lebih spesifik  baik dengan program yang langsung dari madrasah tampa bekerja sama dengan pihak lain maupun program yang berkaitan dengan pihak pihak luar seperti dinas Perpustakaan.

Penerapan kegiatan literasi madrasah/sekolah  tidak hanya mengarah kepada siswa, tapi guru, kepala madrasah, staff bahkan penjaga sekolah  wajib mengikuti kegiatan tersebut karena  menjadi sebuah aturan yang terdapat di Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015.

Rabu 2 November 2022 pukul 9.00 s.d 11.00 WIB  kedatangan teman teman dari dinas perpustakaan Nagan Raya dengan membawa slogan "Dinas Pustaka Jak Sawe Sikula" program ini sangat membantu kegiatan  literasi madrasah/sekolah, dengan  hadirnya sebuah mobil book  yang berisikan ribuan buku bacaan yang standar siswa tingkat dasar seperti buku cerita, dongeng dan buku buku motivasi dalam bentuk cerpen dll,yang disukai oleh para siswa baik dari kelas 1 s.d 6. 

Siswa begitu antusias saat mendengar pengumuman  bahwa MIN 12 kembali kedatangan pustaka berjalan sehingga hampir sekitaran 200 siswa mengerumuni  mobil pustaka. Terlihat kesenanangan dari para teman teman dinas perpustakaan untuk melayani para siswa yang terlebih lebih siswa kelas 1 dan 2, hal ini dapat dimaklumi karena mereka adalah masih anak anak. Setelah mendapatakan buku bacaan yang menurut mereka menarik terlihat peserta didik duduk lesehan di halaman madrasah dan ada juga yang mencari tempat duduk di bawah pohon yang rindang serta ada yang diteras kelas masing masing. 

Kehadiran mobil pustaka keliling dari dinas  Perpustakaan di motori oleh  Mala Hayati, SE sebagai Kasubbag Program, Linda Yunita, S.Kn sebagai Kasi, Agus Samsuar, S.Pd.I sebagai Kasi, dan Rahma Wahyuni, S.Pd sebagai Staf.  

Ibu Cut Rosmiati, S.Pd selaku Kepala MIN 12 Nagan Raya disela sela sedang memantau pelaksaan ANBK bersama dengan Kasubbag TU dan teman teman dari ruangan Pendis sempat mengucapkan "terimakasih dan rasa bahagia ketika melihat para siswa begitu semangat untuk membaca buku hingga membuat para pegawai dari mobil pustaka keliling sedikit kewalahan dengan antuasias dari para siswa". Semoga kegiatan yang demikian dapat terus terlaksanakan dan menajdi agenda wajib kalau bisa ya satu bulan sekali itu minimal lanjut Cut Rosmiati.

Koordinator Kesiswaan Sri Nanda Juwita yang penulis hubungi langsung mengatakan " bahwa saya ada langsung diantara murid murid menemani siswa kelas 1 dan 2 untuk mengabil buku di rak mobil dan saat membaca dihalaman ruangan guru, terasa atmosfer semangat para siswa berbeda ketika program literasi di dalam perpustakaan atau didalam kelas, badahal sebagian buku yang didawa oleh mobil dinas perpustakaan didalam pustakan MIN 12 juga ada tapi tidak begitu semangatnya seperti hari ini".

Terimakasih Dinas Perpustakaan Kabupaten Nagan Raya semoga kedepan semakin bergerak lebih kenjang lagi untuk membawa ribuan informasi dan dunia ke MIN 12 Nagan Raya dan sekolah/madrash yang lain, dengan membaca membuka dan mengetahui  dunia dan isinya tampa harus hadir terlebih dahulu ditempat tersebut.

Penulis dan Editor : Suhaimi, S.Pd. M.Ag

Berikut dokumentasi kegiatan literasi yang dapat di abadikan oleh tim media kreasi MIN 12 Nagan Raya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun