Mohon tunggu...
Suhadi Kurniawan
Suhadi Kurniawan Mohon Tunggu... Sales - supervisor di salah satu distributor bahan bangunan

Jangan jadikan masalah yang mudah menjadi masalah yang sulit. Bekerja keras saja tidaklah cukup tapi bekerjalah secara cerdas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pemimpin Sejati

6 November 2022   19:23 Diperbarui: 6 November 2022   20:04 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Setiap orang pasti memiliki jiwa kepemimpinan, namun tidak semua orang juga dapat memimpin dengan baik.  Karena menjadi pemimpin itu tidaklah mudah dan suatu amanat yang sangat besar. Kita juga tidak dapat memaksakan setiap individu untuk menyukai gaya kepemimpinan yang kita terapkan, terlebih lagi memaksa orang untuk mengikuti arah kepemimpinan kita. Dari itu kita harus paham apa itu pemimpin? seperti apa itu pemimpin? Dan bagaimana menjadi pemimpin sejati? 

Menurut Pancasila pengertian pemimpin adalah Pemimpin harus bersikap pengasuh yang mendorong, menuntun, dan membimbing asuhannya. Dengan kata lain, beberapa asas utama kepemimpinan Pancasila adalah:

- Ing Ngarasa Sung Tuladha : Pemimpin harus mampu dengan sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

- Ing Madya Mangun Krasa : Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang-orang yang dibimbingnya

- Tut Wuri Handayani : Pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertangung jawab. 

Menurut Lao Tzu, Pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu membuat mengembangkan diri orang lain, sehingga seorang tersebut tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu. 

Menurut Stephen. P. Robbins, Pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain dan memiliki wewenang manajerial. 

Dari penjelasan beberapa tokoh diatas kita dapat menyimpulkan, Pemimpin adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk mengarahkan bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi. 

Setelah mengetahui apa itu arti Pemimpin, selanjutnya kita akan membahas hal apa saja yang harus dimiliki seorang pemimpin :

- Kepemimpinan Inspiratif : memberi inspirasi kepada orang untuk bekerja mewujudkan hal-hal hebat dengan sumber daya yang terbatas. 

- Pemimpin Visioner : sebagai seorang pemimpin harus mempunyai visi kedepan. Ia perlu menggunakan imajinasinya, guna membayangkan apa yang ingin dicapai dimasa depan bersama organisasinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun