Mohon tunggu...
Sugiyanto Hadi Prayitno
Sugiyanto Hadi Prayitno Mohon Tunggu... Lahir di Ampel, Boyolali, Jateng. Sarjana Publisistik UGM, lulus 1982. Pensiunan Pegawai TVRi tahun 2013.

Pensiunan PNS, penulis fiksi. Menulis untuk merawat ingatan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lagu Jelang Sahur, Grup Bimbo, dan Memperbanyak Amal Ibadah

22 April 2021   18:48 Diperbarui: 22 April 2021   23:00 247 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu Jelang Sahur, Grup Bimbo, dan Memperbanyak Amal Ibadah
Jaka -- Sam -- Acil -- Bimbo, Grup musik legendaris asal Bandung - tribunnews.com

Suasana Ramadan selalu berbeda dibandingkan 11 bulan lain. Hal-hal kecil terasa khusus, dan mudah diingat untuk menjadi kenangan. Satu diantaranya, yaitu lagu membangunkanoang sahur, yang merupakan salah satu cikri khas bulan suci itu.

Lagu pertama yang penulis sukai saat bulan Ramadan, yaitu lagu anak-anak dan remaja yang sedang membangunkan orang untuk makan sahur. Banyak versi mengenai lirik dan lagu mereka. Salahnya satu lirik, seperti berikut:

sahur 2x  sahur 2x sahur2x // ayo kita sahur // bapak2 ibu2 yo kita bangun sahur  // besoknya kita akan berpuasa  //  berpuasa kita akan dapat pahala  //  tak puasa akan mendapatkan dosa 

Dua hal yang mudah diingat, mereka kerap menggunakan alat seadanya. Musik parkusi dapat tercipta dengan cepat. Sekadar gallon air, ember plastik, atau kaleng cat bekas dapat digunakan. Ditambah lagi botol kecap. Ditempat lagi menggunakan beduk, panci, baskom, botol atau apapun saja yang penting bisa menghasilkan bunyi.

Lalu teriakan-teriakan membangunkan orang tidur, dan celoteh apa saja, disela-sela nyanyian. Riuh, gaduh, dan kerap justru mengganggu ketenangan malam.

Ada lagi kelompok dengan peralatan lebih lengkap. Biasanya menggunakan gerobak dorong untuk mengusung sound system, speaker, termasuk aki/generator.

Di daerah-daerah tertentu, kelompok orang yang membangunkan orang untuk sahur menjadi semacam pengamen. Mereka erima uang dari sejumlah warga yang merasa terbantu. Bentuknya bisa berupa uang Lebaran, atau bingkisan. Diberikan pada hari-hari terakhir jelang Idul Fitri.

Di Kuningan, tradisi itu disebut ubrug-ubrug; di Salatiga Jawa Tengah disebut percalan; di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikenal dengan bagarakan sahur. Bahkan, Pemprov Kalsel rutin menyelenggarakan festival bagarakan setiap tahunnya. Sumber 1/

Baca juga: Madu Saat Shaum, Jaga Nutrisi, dan Pilih Kojima

*

Lagu lama yang sangat terkenal dan menjadi semacam lagu wajib selama Ramadan, yaitu lagunya Bimbo. Grup musik asal Bandung yang beranggotakan Jaka, Acil, Sam, dan Iin Parlina itu telah banyak merilis aneka genre lagu, termasuk lagu religi.

Salah satu lagu religinya yang fenomenal berjudul "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya" Sumber 2/

Ada anak bertanya pada bapaknya // Buat apa berlapar-lapar puasa  // Ada anak bertanya pada bapaknya  //  Tadarus tarawih apalah gunanya
Lapar mengajarmu rendah hati selalu  // Tadarus artinya memahami kitab suci  //Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi  // Lihatlah langit keampunan yang indah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN