Mohon tunggu...
Sugiyanta Pancasari
Sugiyanta Pancasari Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

"Cerita dan Catatan" Yang tak boleh menua, dilumat usia

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Kembali ke Dapur Ibu, Pulang Paling Rindu

12 April 2021   01:28 Diperbarui: 12 April 2021   01:36 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi Sugiyanta Pancasari


harum keringatmu,
terngiang sejauh aku berpetualang
sepanjang jalan aku menggelandang

megah ramuan rempah, segagah puisi yang terbit setiap pagi,
aromanya sejujur melati
teduh rengkuhmu, mendekap tangisku
yang tiada kunjung berhenti, di hari-hari yang keras itu

pada rimbun kota, kerinduanku tumbuh belantara, dihimpit sesak dan jerit prahara, sudut-sudut tak terbaca

pahat dan lipat keriputmu, tebing curam, tempat aku mendaki sesat keterasinganku dan selalu kubawa serta airmataku

asap dan jelaga menjilat gelora, memecah gurih kuah, yang mengental dan mengkristal, di kepingan-kepingan tubuhku,
selembut rajutmu yang gagal kusambut, bahkan dalam igauan paling kusut

tak ada yang tersisa di tungku itu, sebongkah bara telanjur kecewa menunggu tiup jemariku yang terbakar terik di perantauan yang pelik

segala apa yang aku cari tak pernah aku temui sebab yang kuingin hanyalah sedap remah hati yang tersisa di mangkuk tanah, tak terjamah kecuali tanganku yang gemetar,
jantung yang kencang berdebar

tak ada kehilangan sebab tak ada yang aku miliki, sesobek kebayamu,
di lemari berdebu, kehampaan-kehampaan mencium ranum jejakmu sesenyap keheningan di dasar periuk tanah, penuh kerak,
tempat kerinduanku bermandi darah, dari sayat kekejamanku sendiri, yang tak pernah kuukur seberapa dalam aku mengubur airmata di tumpukan piring yang retak, mimpi yang terkoyak dan tak tertanak.

Jogja, 11 April 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun