Mohon tunggu...
su gita
su gita Mohon Tunggu... Guru - Menulis merupakan bagian hidup

Keinginan jadi penulis sejak masih muda tetapi terkendala informasi dan literatur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Rajin dan Disiplin Merupakan Kiat Menjaga Kesehatan Tubuh

16 September 2021   07:00 Diperbarui: 16 September 2021   07:14 123 27 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rajin dan Disiplin Merupakan Kiat Menjaga Kesehatan Tubuh
Katie Smith, unsplash.com

Seiring dengan meningkatnya ilmu pengetahuan  dan  makin majunya tekhnologi  tanpa kita sadari semakin mudah kita memperoleh aneka menu makanan yang kita perlukan . Menu sajian makanan tersebut  ada yang  berupa instan maupun siap saji . Sejak 10 tahun terakhir ini usaha di bidang makanan atau yang dikenal dengan istilah usaha Kuliner makin berkembang karena adanya  di sosial media . Didukung daya beli masyarakat yang makin meningkat membuat usaha kuliner menjanjikan ,brand aneka makanan luar negeri dan dalam negeri membanjiri pasar konsumen nasional .

Konsumen makin terpikat didukung aneka   sajian dari kelas recehan pinggir jalan ,rumah makan sampai dengan caffe maupun restoran. Apalagi didukung kemudahan promosi yang makin marak  di sosial media , televisi maupun sarana  iklan yang menggiurkan sehingga kita terpengaruh ikut mengkonsumsi tanpa kendali .

Namun dibalik itu semua kita harus waspada terhadap kesehatan tubuh kita. Jangan lupa bahwa sehat itu mahal merupakan kata tak asing lagi bagi kita, ,maka seyognyanya selalu berupaya dengan rajin dan disiplin menjaga pada diri kita agar selalu sehat. 

Manfaat  aneka makanan yang kita konsumsi tersebut selain memenuhi gizi yang diperlukan tubuh kita juga memiliki efek samping bagi kesehatan , dari hal yang ringan sampai dengan yang berat seperti penyakit diabet , hipertensi , kosterol dan asam urat semua berbahaya bagi tubuh kita.

Agar kondisi tubuh kita selalu sehat Perlu  mewaspadai hal -hal berkut  ini ;

Badan Kegemukan 

Dampak yang kita rasakan badan makin berat ,gerak makin lambat ,sedangkan nafsu makan makin meningkat ,kita harus berhati -hati dengan kolesterol . Karena badan yang gemuk dengan lemak yang banyak kolesterol pada awalnya mulai naik. Harus selalu mengontrol  kolesterol mempengaruhi peredaran darah ,selalu memperhatikan kolesterol yang normal  200mg/dl.

Jantung 

Badan yang gemuk tidak terasa kerja jantung makin berat  maka perlu diperhatikan tekanan darahnya agar selalu cek up mengupayakan kondisinya normal . Pada kondisi normal tekanan darah 120 mm/ hg  dan 80 mm/ hg untuk usia di bawah 50 th , namun bagi mereka yang usianya diatas 50 tahunkondisi normal 130 mm /hg dan 80 mm/hg.

Gula darah juga

Perlu diwaspadai ,karena akhir -akhir ini banyak penderita penyakit diabet yang melonjak jumlahnya karena pola makan yang tidak terkontrol .Kondisi gula darah dalam tubuh kita normalnya di bawah 100 mg/dl , maka kita harus berupaya menjaga kondisi nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan