Mohon tunggu...
su gita
su gita Mohon Tunggu... Guru - Menulis merupakan bagian hidup

Keinginan jadi penulis sejak masih muda tetapi terkendala informasi dan literatur

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keindahan Alam dan Keunikan Budaya Menyempurnakan Pesona Danau Toba

15 September 2021   07:00 Diperbarui: 15 September 2021   09:08 176 20 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keindahan Alam dan Keunikan Budaya Menyempurnakan Pesona Danau Toba
faseberita,id

Pulau Sumatra terletak di   deretan perbatasan lempeng batuan dasar Eruasian dengan lempeng batuan dasar Indo australian sehingga banyak pegunungan dan peristiwa tektonik maupun vulkanik yang menimbulkan lipatan dan patahan hingga terbentuk kubah atau cekunga dan fenomena lainnya salah satunya  terbentuk lake atau danau .

Danau Toba merupakan salah satu  danau yang terjadi dari peristiwa tersebut .Dibalik peristiwa dahsyat yang mengerikan tersebut tercipta keindalam panorama alam yang luar biasa mempesona atas anugerah Yang Maha Kuasa , danau ini  terletak di bukit Barisan dengan luas 1.145 m persegi.    

Keindahan alamnya di dukung oleh adanya Pulau Samsosir yang berada di tengah  danau dengan pemandangan hijau pegunungan  sekelilingnya dan hamparan air biru yang tenang merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan  .Danau Toba dikelilingi  oleh bukit --bukit yang ditumbuhi  pohon --pohon pinus menjulang menambah indahnya pesona alam .

Hal lain yang disuguhkan oleh  keindahan alam Danau Toba dapat diamati dari  3 bukit yaitu ;

1. Bukit Gajah Bobok

Bukit Gajah bobok ketinggiannya 1.200 meter diatas permukaan laut ,terletak diwilayah Pangambatan ,Merek , kabupaten Karo .Dari bukit ini pengunjung dapat menikmati indahnya Sunrise di pagi hari dan Sunset di sore hari.Dari tempat ini pula dapat mengamati secara keindahan danau Toba dan menikmati indahnya savana.

2. Gunung Pusuk Buhit

Gunung ini terletak di Pulau Samosir Kecamatan Penguruan, Sianjur Kabupaten Samosir dengan ketinggian 1.982 meter diatas permukaan laut (mdpl). Untuk menuju Pusuk buhit  wisatawan dapat melewati beberapa desa , rute umum melewati desa Limbong ,dibutuhkan waktu 3 sampa 5 jam untuk sampai ke puncak bukit  ini.

3. Bukit Holbung

Bukit ini ketinggiannya 1.860 meter diatas permukaan laut disebut juga dengan Bukit Teletubies karena hampir mirip dengan bukit animasi di Film anak --anak asal Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan