Mohon tunggu...
su gita
su gita Mohon Tunggu... Menulis merupakan bagian hidup

Keinginan jadi penulis sejak masih muda tetapi terkendala informasi dan literatur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inspirasi Pilihan Prodi Perguruan Tinggi

7 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 19 Mei 2021   19:59 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inspirasi Pilihan Prodi Perguruan Tinggi
kalderanews.com

  

        Alumni Sekolah Menengah Atas dan kejuruan merupakan kelompok usia  remaja peralihan  menuju dewasa . Kelompok Usia  tersebut masih rentan dalam pemikiran ,maka perlunya pendampingan dan bimbingan dalam memilih Program Studi sesuai kemampuannya . Pada kelompok usia tersebut juga telah  memiiliki pandangan bahwa sekolah  diangap sebagai lembaga yang mampu mempengaruhi nasib mereka di masa yang akan datang .Mereka menyadari bahwa jika prestasi hasil belajar yang dicapai baik ,akan mempengaruhi hidupnya dimasa yang datang .Namun jika prestasinya kurang atau rendah maka berakibat terrtunda bahkan kegagalan di masa yang akan datang.

          Sebagai Calon mahasiswa  yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi harus berhati -hati dalam memilih Prodi di perguruan tinggi. Seyognyanya mengukur diri dulu dari berbagai segi, dari kemampuan intelektual sebaiknya diukur diri mampu atau tidaknya pada prodi yang di pilih agar tidak gagal di tengah perkuliahan . Jika sampai mundur  ditengah -tengah perkuliahan akan merugikan diri sendiri baik waktu , usia maupun materi.Sedangkan kemampuan biaya perlu juga dipertimbangkan walaupun tidak terlalu signifikan pengaruhnya karena nantinya bisa mengajukan beasiswa bagi yang memiliki prestasi atau kondisi tertentu.

          Hal lain yang perlu dipertimbangan juga tentang karier yakni peluang kerja atau usaha yamg cocok sesuai keahlian nya .Jika nanti telah lulus dari kuliah  memilki keselarasan antara pengetahuan dan keahlian yang dipelajari perguruan tinggi sesuai dengan dunia kerjanya dihadapi. Tujuannya tidak lain agar potensinya berkembang sesuai keahlianya.Namun jika ternyata antara keahlianya dengan dunia kerja tidak selaras juga bisa tetapi perlu belajar lagi dengan dunia kerja yang di geluti nanti.

         Pada prinsinya  semua bidang kerja bisa dipelajari baik secara langsung lewat pendidikan formal dan dari proses pengalaman kerja . Selamat berjuang  meraih cita - cita ,masa depan menunggu dan keberhasilanya tergantung semangat anda sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x