Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jika Ingin Mengalahkan Musuh, Maka Kenali Musuhmu

2 April 2020   21:04 Diperbarui: 7 April 2020   19:57 164 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Ingin Mengalahkan Musuh, Maka Kenali Musuhmu
Dok.pri

Daalam peperangan dikenal denga strategi, strategi ini merupakan rumus yang dihimpun dari segala aspek dan sudut pandang. untuk memperoleh data terkait musuh maka sudah barang tentu dalam sebuah kerajaan atau negara mereka akan menugas beberapa pasukan sebagai tiliksandi. tiliksandi atau intelejen ini bertugas memata-matai segala pergerakan musuh dalam memperoleh data segala upaya akan dilakukan termasuk mengadakan penyamaran.

penyamaran dianggap berhasil jika pada saatnya data yang diperoleh bisa dijadikan senjata untuk melumpuhkan musuh. maka dibutuhkan waktu dalam proses ini bisa berbulan-bulan bahkan tahun.

sama halnya dengan virus corona yang sedang mewabah seperti sekarang ini, semua ahli kesehatan ahli virus sedang mengadakan penelitian bagaimana cara melumpuhkan si virus ini dan apa obatnya. maka untuk membasminya para peneliti ini mempelajari semua detil virus dari sifat, karakteristik, bentuk, virus ini terbentuk dari benda apa senyawa apa, apa kelemahan dan bahayanya serta apa penangkalnya agar virus ini bisa ditanggulangi.

seperti dilansir dari youtube channel Tv MNCTV Indonesia Bicara pakar virus atau virologis DRH. Indro Cahyono menyampaikan bahwa jika ada berita virus corona bisa hidup mengambang diudara selama tiga jam itu tidak benar. virus ini (covid19.red) bertahan hidup membutuhkan media media itu disebut hidro drops plet yakni cairan yang dikeluarkan saat kita bersin, virus berkembang jika masuk dalam tubuh. 

tentang seberapa lama virus itu bisa bertahan hidup, kondisi ini tergantung lingkungan semakin terang, semakin kering maka virus ini akan mati seiring penguapan udara. dalam kondisi panas apalagi virus ini tidak akan bertahan lama jika virus itu terdapat dalam butiran air dan terkena sinar matahari kemudian menguap matilah sivirus.

virus covid-19 mempunyai kelemahan banyak sekali, virus ini hanya bertahan hidup didropplet atau butiran air. jika kita bersin dan mengenai meja seketika itu dibersihkan dengan disinfektan, sabun maka dalam waktu tiga menit virus ini akan mati. virus ini gampang hancur dengan pelarut lemak, sabun termasuk jika virus itu menempel dibaju kemudian langsung dimasukan ke dalam mesin cuci itu virusnya hancur.

kelebihan virus ini adalah nyebarnya cepat jadi kita bisa tahu kelemahan dan kekuatan  virusnya dengan jelas supaya kita bisa mengatasi. disampaikan juga kalau kita mau bertempur maka kenali musuhmu, kalau kita tidak tahu musuh kita maka yang terjadi adalah kita akan merasa ketakutan saja. 

diterangkan juga seberapa jauh keinginan kita membasmi virus ini dalam kondisi dingin virus ini bisa bertahan hidup namun jika kita bisa lakukan pola hidup sehat selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS) serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan virus corona bisa segera dimusnahkan.

Dok.mr x via hariansemarang.com
Dok.mr x via hariansemarang.com
terpisah, Hj. Nur Nadlifah, S.Ag.,MM. selaku Anggota  Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dapil IX Jawa Tengah (Brebes-Tegal-Slawi) bertugas dibidang Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kependudukan menyampaikan 

" Statemen apapun bisa didengar oleh masyarakat dalam situasi covid-19, jangan sebar berita hoaks, apalagi kita membuat berita hoaks tersebut, masyarakat harus diberi pemahaman secara bijak, publikasi harus mampu  mengedukasi masyarakat agar tidak terpancing pada berita bohong." tuturnya.

20200407-154218-5e8c7a2e097f361a75267634.jpg
20200407-154218-5e8c7a2e097f361a75267634.jpg

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x