Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ketika Bunyi Klakson tidak Lagi Nyaring

16 Maret 2020   20:31 Diperbarui: 16 Maret 2020   20:42 24 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Bunyi Klakson tidak Lagi Nyaring
Dok autoexpose.org

Tiiit tiiit tit bunyi klakson normal, dibunyikan ketika dalam berkendara untuk memberi peringatan pengendara atau orang di depan saat mau menyalip atau memberi peringatan pada orang agar tidak menyebrang.

Bisa juga klakson dibunyikan ketika sedang berkendara dan papasan dengan orang, saudara, teman yang kita kenal sebagai sapaan.

Bunyi klakson banyak ragamnya yang paling fenomenal adalah telolet viral dengan jargon "om telolet om" jenis klakson ini banyak dipasang dimobil-mobil besar seperti Bus dan truck.

Dilihat dari jenisnya ada dua macam jenis klakson, elektrik horn dan air horn. 

Elektrik Horn prinsip kerjanya mengandalkam aliran listrik. Komponen ini akan mengeluarkan suara ketika dialiri listrik, baja spiral akan bergerak karena adanya gaya elektromagnetik. Sedang air horn atau klakson udara cara lerjanya adalah komponen ini akan mengeluarkan suara jika mendapat tekanan udara.

Klakson di sepeda motor mendapat asupan listrik dari aki atau battre. Sistem atau klakson akan berbunyi sempurna jika sistem kelistrikan motor dan aki berfungsi dengan semestinya. Klakson yang berbunyi trut trut krek krek gak jelas, ada beberapa kemungkinan pertama bisa saja klakson itu sendiri yang rusak atau battre aki motor drop atau sistem pengisian motor yang rusak. Sistem pengisian aki pada motor berfungsi agar aki tetap terisi, tegangan tetap stabil. Dalam kondisi aki yang prima maka bunyi klakson akan nyaring tiiit tit tit sambil tersenyum lebar.

Anda akan dianggap sombong jika klakson rusak atau hanya karena battre drop kemudian tidak cepat-cepat diganti. Ketemu temen diklakson tapi tidak bisa klakson balik. Dasar Sombong!

VIDEO PILIHAN