Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Kawal Dana Desa melalui Aplikasi "Si Jaksa"

27 Desember 2019   15:47 Diperbarui: 27 Desember 2019   15:52 99 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kawal Dana Desa melalui Aplikasi "Si Jaksa"
Doc. Sucen

Brebes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H. Rofiq Qoidzul Adzam, SH yang diwakili Kepala Bidang  kelembagaan Muhammad Amin Saleh, S.IP. bahwa dalam pembukaanya Dana Desa Tahun 2020 akan bertumpu penuh di Desa, dalam proses penyaluran pencairan dan pelaksanaanya tidak seperti tahun sebelumnya.

Acara dilaksanakan di Hall Hotel Grand Dian yang dihadiri oleh Kepala Desa se Kabupaten Brebes pada Jum'at, (27/12/2019).

Desa akan dibantu dengan Aplikasi E-Planning, E-Budgeting dan E-Monitoring. Aplikasi ini akan terintegrasi secara online mulai dari Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporannya.

Dalam paparannya disampaikan oleh vendor aplikasi dari Indo Tech Solution.

E-Planning adalah sebuah modul guna mengakomodir proses perencanaan penggunaan dana desa secara digital secara cepat dan tepat sesuai arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 20 Tahun 2018.

Secara otomatis data Perencanaan Penggunaan Dana Desa akan muncul di Kecamatan, Dinpermades, dan Kejaksaan dengan harapan apabila terdapat variabel kesalahan dapat langsung dilakukan pendampingan dari awal sehingga kesalahan dapat terhindarkan.

Melalui E-Planning ini juga dapat diketahui harga matrial dimasing-masing desa jika diketahui ada ketidakwajaran dalam penganggaran maka pihak terkait bisa langsung memverifikasi serta memberikan pesan kepada desa bahwa ada kebutuhan yang perlu diperbaiki.

Out putnya, data kegiatan dapat digunakan untuk Musrenbang Desa dan Musrenbang Kecamatan, transparansi penggunaan dana desa tercapai dengan baik.

E-Budgeting adalah sebuah modul guna mengakomodir proses penatausahaan transaksional dana desa sesuai dengan metode pengadaan yang dilakukan.

Khusus pekerjaan konstruksi dari mulai perencanaan yang telah disahkan kegiatannya dalam APBDesa akan dilengkapi foto 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Serta dilengkapi fitur digitasi titik lokasi kegiatan, sehingga diharapakan proses pembangunan akan lebih tertib dan dapat dipertanggungjawabkan serta lebih mudah untuk dilakukan asistensi baik dari Pemerintah Kecamatan, Dinpermades, maupun Kejaksaan.

Jika ada serapan yang belum maksimal maka melalui aplikasi ini dapat diketahui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN