Mohon tunggu...
Sudomo
Sudomo Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Lombok Barat

Trainer Literasi Digital NTB; Penulis Buku 'Di Penghujung Pelukan (Mediakita), 'Pahlawan Antikorupsi: Sudah Adil, Kok!' (Funtastic MnC Gramedia), 'Tim Pencari Pesawat Sederhana' (Penerbit ANDI)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Motivasi Diri Guru Penggerak Sejati, Apakah Berarti?

16 Februari 2023   21:16 Diperbarui: 16 Februari 2023   21:18 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi motivasi diri guru penggerak untuk mewujudkan pembelajaran berpusat pada murid (Foto: dokumentasi pribadi) 

"Tanpa motivasi diri guru penggerak tidak akan terus bisa tergerak, bergerak, dan menggerakkan." - Sudomo

Saat mengikuti seleksi Pendidikan Guru Penggerak (PGP), calon pendaftar dihadapkan pada salah satu tes. Tes tersebut adalah esai. Soal pertama tes esai adalah motivasi menjadi guru penggerak. 

Tentu setiap pendaftar memiliki motivasi yang berbeda-beda. Ada yang untuk mengembangkan diri melalui belajar. Ada juga yang ingin mengembangkan orang lain lewat berbagi. Apa pun itu motivasi diri sangat menjadi penentu dalam lolos atau tidaknya dalam tes esai. 

Hal ini karena dari uraian tentang motivasi diri, asesor mendapat gambaran seberapa besar upaya guru untuk bisa lulus. Bagaimanapun juga adanya motivasi diri yang kuat merupakan kunci sukses mengikuti pendidikan.

Apa Itu Motivasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi diartikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. 

Motivasi juga diartikan sebagai usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. 

Pengertian motivasi menurut John W Santrock, yaitu proses memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Perilaku yang termotivasi itu penuh energi, terarah, dan bertahan lama.

Pentingnya Motivasi Diri Guru Penggerak

Motivasi diri guru penggerak merupakan syarat agar bisa tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Adanya motivasi ini akan mampu mendorong seorang guru penggerak terus berpikir maju. 

Dorongan dari dalam diri ini akan menjadikan guru penggerak senantiasa bertumbuh. Bukan saja dalam pola pikir, melainkan juga dalam kompetensi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun