Mohon tunggu...
Sudiono
Sudiono Mohon Tunggu... Lainnya - Konsultan Pendidikan Ausbildung Indonesia Germania

Pemerhati Masyarakat, Field study : Lychee des metiers des sciences et de I'industrie Robert Schuman, Le Havre (2013). Echange France-Indonesie visite d'etudes des provisieur - Scolaire Descrates Maupassant Lychee de Fecamp. Lycee Louis Modeste Leroy, Evreux (2014), Lycee Professional Jean Rostand, Rouen (2014), Asean Culinary Academy, Kuala Lumpur (2012). Departement of Skills Development Ministry of Human Resources Malaysia (2013). Seoul Technical High School (STHS) 2012. Jeju Self Governing School (2012), Assesor BNSP Marketting (2016), Assesor Akreditasi S/M (2015)

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Ausbildung Profesi: Mengetuk Kepedulian Lembaga Perbankan dan Non Perbankan

22 Januari 2022   10:36 Diperbarui: 22 Januari 2022   10:39 209 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.goethe.de/

Apa itu Ausbildung ?

mengutip buklet dari Kompas-Ausbildung yang dikeluarkan oleh Goethe Institut Indonesien  Desember  2020 lalu Ausbildung profesi yaitu peserta magang (Lehrlinge) waktu seekitar 70% dihabiskan langsung di perusahaan penyelenggara Ausbildung (Ausbildungbetrieb). 

Dengan cara seperti itu sejak pertama para Azubi (sebutan peserta ausbildung) mendapatkan pengalaman kerja yang sebenarnya di bawah para praktisi profesional dan 30% dilaksanakan di sekolah2 vokasi sesuai bidang profesi dalam satu minggu. 

Para Azubi menjalankan ausbildung antara 2-3,5 tahun juga mendapatkan gaji (Uang saku). Artinya para azubi akan mendapatkan upah dari mulai tahun pertama magang. Pokok-pokok ausbildung tertuang di dalam kontrak ausbildung. Sebagian besar isi kontrak tersebut diatur melalui undang-undang. 

Setiap azubi memperoleh kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan pada akhirnya memiliki kualifikasi berorientasi praktik yang setara pula. (Pasal 5 Peraturan Ausbildung (Ausbildungsordnung). 

Pasca ausbildung para azubi yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan sertifikat yang di akui oleh pemerintah Jerman. Seperti di ketahui ausbildung berbasis perusahaan diawasi dan didukung oleh Kamar Pertukangan, Industri dan Perdagangan (Handwerks-Industire-und Handelakammern).

Apa detail Ausbildung Sistem Ganda di Jerman?

Para Azubi memperoleh kesempatan untuk bekerja di perusahaan penyelenggara Ausbildung bertanggung jawab untuk memberikan : Pelatihan dasar profesi, kemampuan ketrampilan dan pengetahuan spesifik profesi, pengalaman kerja pertama dengan bekal 70% praktik. 

Disisi lain ada sekolah vokasi yang bekerjasam saling timbal balik bertanggung jawab untuk melatih azubi dengan bekal 30% teori yang meliputi : pengetahuan umum (mata pelajaran umum), pengetahuan spesifik profesi, dan teori  pengetahuan dasar. 

Jadi para azubi mendapatkan pengalaman praktek dan teori selama mengikuti ausbildung landasan hukum di perusahaan penyelenggara ausbildung (Peraturan Ausbildung (BBiG), Kerangka Kurikulum Ausbildung, dan Kontrak Ausbildung). 

Landasan Hukum sekolah vokasi (Undang-undang Sekolah negara bagian), Kerangka Kurikulum, Jadwal Pelajaran).  Sedangkan kedudukan Kamar-kamar terkait- (IHK, Kamar Pertukangan- (Memberi konsultasi kepada Azubi dan perusahaan terkait Ausbildung profesi, Kerjasama antara perusahaan dan sekolah vokasi terkait ujian tengah dan Ujian akhir  semester, Mengawasi pelaksanaan Ausbildung, Membuat semua hubungan Ausbildung, dan permohonan pemangkasan atau perpanjangan masa Ausbildung)

Berapa sih upah selama Ausbildung ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan