Mohon tunggu...
Suci Rahmadani
Suci Rahmadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Manajemen, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Mahasiswi-Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Media Sosial dalam Dunia Pendidikan Selama Masa Pandemi

26 Januari 2022   21:24 Diperbarui: 26 Januari 2022   21:27 43 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia sempat dihebohkan oleh Virus varian baru yaitu Virus Corona yang berasal dari Wuhan China. Virus ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan manusia. Virus ini bisa menyebabkan kematian. Akibat COVID-19 ini dunia sedang mengalami krisis kesehatan global dan sosial ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di Indonesia, kehidupan jutaan masyarakat seakan terhenti begitu saja. Pembatasan sosial dan penutupan sekolah berdampak pada Pendidikan, kesehatan mental, dan akses kepada pelayanan kesehatan dasar.

Dunia pendidikan pun harus mengalami libur selama Virus ini masih ada, sehingga Pemerintah melakukan kegiatan online ataupun daring dalam menjalankan kegiatan ngajar mengajar. Akibat Virus ini banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi yang dikarenakan tidak boleh keluar atau berkerumanan, sehingga banyak menyebabkan masyarat sulit untuk bekerja dan bersekolah seperti biasanya.

            Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim merespon atas kebijakan tersebut dengan mengeluarkan himbauan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/kota, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah-langkah mencegah berkembangnya penyebaran Covid-19 di lingkungan satuan Pendidikan. Mendikbud juga mendukung kebijakan Pemerintah Daerah yang meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah.

            Akibat adanya Virus COVID-19 ini proses ngajar mengajar hanya melalui online atau daring yaitu pembelajaran dari rumah yang dilakukan melalui aplikasi seperti Zoom,Google Meet,WhatsApp dan aplikasi lainnya yang masih bisa digunakan dalam pembelajaran. Saat ini banyak sekali Media Sosial yang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia diantaranya, Facebook,Twitter,Line,Instagram,Youtube maupun aplikasi lainnya.

            Sehingga Kampus Universitas Aisyiyah Yogyakarta pun sedang melakukan pembelajaran daring karena terkendala oleh adanya Covid 19. Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga menggunakan aplikasi-aplikasi untuk mempermudah pelajaran selama daring ini berlangsung. Media Sosial yang sering kali digunakan dalam proses belajar oleh Universitas Aisyiyah Yogyakarta yaitu Zoom Meeting, Google Meet, E-Learning dan sebagainya. Media tersebut sekarang ini masih sangat sering digunakan oleh Universitas Aisyiyah Yogyakarta selama kondisi yang masih berlangsung saat ini.

            Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga terkadang mengalami kelambatan pemahaman dalam memahami pelajarang yang dilakukan secara daring ini. Pelajaran yang dilakukan secara online atau daring ini sebenarnya juga bisa membuat mahasiswa dan mahasiswi belajar dari aplikasi-aplikasi yang bisa membuat mereka pandai dalam mengedit video atau sebagainya. Mahasiswa Mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga bisa mempelajari materi-materi atau video pelajaran lainnya melalui Youtube. Saat ini Media Sosial sangat bermanfaat bagi masyarakat luas maupun dalam dunia Pendidikan yang memudahkan proses ngajar mengajar selama daring ini berlangsung. Media Sosial Memiliki Manfaat bagi Siswa maupun Mahasiswa, diantara manfaatnya media sosial adalah:

  • Pembelajaran & Jaringan.
  • Untuk Ekspresi Kreatif.
  • Rasakan Eksposur Global.
  • Peluang Kerja.
  • Pemasaran Media Sosial

Penggunaan Media Sosial bisa semakin memudahkan dalam prose pembelajaran. Lewat Sosial Media ini para pelajar bisa secara aktif lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaranpun bisa semakin meningkat baik dan segi pengetahuan maupun kualitas. Sementara itu cara menggunakan media sosial agar bisa semakin memicu kualitas para pelajar adalah dengan memanfaatkan berbagai macam kemudahan komunikasi serta informasi yang dimiliki oleh Media sosial yang berhubungan.

            Dengan adanya Media Sosia ini, siswa bisa lebih mengembangkan kemampuanya terutama untuk dalam hal teknis dan sosial yang memang sangat dibutuhkan untuk menghadapi perkembangan di era digital saat ini. Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta pun akan menemukan bagaimana cara beradaptasi serta bersosialisasi bersama teman dekatnya melalui media sosial, disana juga akan terbentuk manajemen pertemanan yang semakin baik dan juga lebih bisa termotivasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan