Suci FatikaAnandha
Suci FatikaAnandha Diplomat

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hidroponik, Alternati bagi Si Pencinta Tanaman

16 Mei 2019   23:40 Diperbarui: 17 Mei 2019   00:21 8 0 0

Kabar gembira bagi kalian pencinta tanaman namun tidak memiliki tanah luas. Teknik media tanam hidroponik bisa menjadi alternatif,  karena teknik ini memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam.

Sayuran dan buah merupakan makanan yang baik bagi tubuh , keduanya memiliki banyak vitamin dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit, apalagi kalau sayuran dan buah yang kita konsumsi masih fresh .

Bagi Renata untuk menghasilkan sayuran yang masih fresh tidaklah sulit, dia melakukan teknik menanam dengan media hidroponik di perkebunan Rh Hydrofarm miliknya yang terletak di Jalan Cifor Nomor Tiga,  Kota Bogor.

Nah sobat, dengan metode ini kita bisa bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai medianya . Sesuai dengan namanya, teknik ini menggunakan air sebagai media menanam. Bahan-bahan pengganti media tanah antara lain rockwalls, spons , dan serbuk sabut kelapa .

Menanam menggunakan teknik hidroponik ini memiliki banyak kelebihan,  selain lebih hemat air dan produk tanamannya lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida,  keuntungan lain menanam dengan teknik ini adalah kita tidak membutuhkan lahan yang luas .

Dari segi kualitas tanaman yang dihasilkan menggunakan teknik ini lebih segar dan juga proses pertumbuhannya lebih cepat daripada dengan menanam menggunakan cara konvensional .