Budaya

Rutinitas Setiap Tahun diBulan Suci Ramadan ala Pantai Kijing

20 Mei 2018   20:20 Diperbarui: 20 Mei 2018   21:04 215 0 0

Pantai Kijing salah satu tempat wisata yang berada di Kalimantan Barat,  Kabupaten Mempawah, Kecamatan Sungai Kunyit, Desa Sungai Kunyit.

Pada setiap tahun tepatnya dihari pertama bulan Suci Ramadhan masyarakat sungai kunyit dan sekitarnya selalu melalukan rutinitas yaitu pergi ke pantai kijing sehabis sahur atau setelah solat subuh. 

Entah kenapa ini sudah menjadi seperti tradisi setiap tahun tetapi tidak semua masyarakat Sungai Kunyit, kebanyakan kalangan anak mudanya saja dan tidak juga dari sungai kunyit saja tetapi ada juga yang dari luar daerah Sungai Kunyit seperti dari Mempawah hingga Sungai Duri. 

Disana tidak ada kegiatan apapun hanya nyantai dan berkumpul bersama teman-teman saja, adapun sebagian orang memanfaatkan nya untuk reunian bersama teman-teman lamanya karena kebanyakan ada yang sudah lama tidak bertemu.

Tidak hanya di subuh hari, disore hari pun selalu ramai orang-orang mengunjungi pantai kijing untuk menunggu berbuka puasa atau biasanya disebut "ngabuburit", karena di Pantai Kijing pemandangan nya sangat indah dan cocok untuk bersantai disore hari dan kita dapat melihat matahari tenggelam.