Masalah pemanasan global merupakan masalah bersama. Hal ini merupakan fenomena peningkatan suhu rata-rara bumi yang disebabkan oleh kegiatan manusia misalnya pembakaran lahan, asap kendaraan, deforestasi, industrialisasi, dan sebagainya. Dengan ada kegiatan tersebut berdampak efek rumah kaca karena karbon dioksida (CO2) dan metana (CH4) terperangkap di atmosfer sehingga memperburuk kondisi iklim yang kadang tak menentu.
Jika hal tersebut tak mendapat perhatian tentu berdampak pada bumi yang kita tempati. Dampak yang bisa kita rasakan mencairnya es di kutub sehingga naiknya permukaan air laut, cuaca ekstrem, dan gangguan ekosistem. Selain itu, dampak yang lain mengancam lingkungan dan mempengaruhi kehidupan manusia misalnya kerugian ekonomi, krisis pangan, meningkatkan bahaya bencana alam, dan sebagainya.Â
Oleh karena itu, perlu langkah-langkah konkret dan preventif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan menumbuhkan kesadaran kita dan global sebagai langkah menjaga keseimbangan ekosistem.Â
Melalui edukasi dan partisipasi dari semua orang sangat diperlukan dalam menjaga lingkungan sebagai bentuk upaya untuk menghadapi tantangan pemanasan global.
Salah satu langkah sederhana tapi dampaknya tidak hanya terhadap keindahan lingkungan sekitar kelas tapi juga penguatan karakter dan sebagai upaya menghadapi tantangan pemanasan global yakni pembuatan taman kelas.Â
Awalnya kelas yang saya bina memang tak memiliki taman. Kelas yang terletak di bagian belakang merupakan kelas bantuan dari pemerintah yang bisa dikatakan masih baru daripada kelas lainnya. Sehingga perlu kerja keras untuk merintis dan menyulap menjadi kelas yang nyaman untuk belajar.
Taman kelas berfungsi sebagai elemen dekorasi dan media edukasi guna meningkatkan kesadaran tiap murid mengenai pentingnya peran serta dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Sebagai media edukasi tentu wali kelas juga membangun kesadaran murid untuk tidak sekadar membuat tapi bagaimana murid saling menjaga dan merawatnya agar hasil akhir berdampak.Â
Melalui pelibatan semua murid di kelas dengan perencanaan pembuatan dan perawatan taman kelas maka murid belajar nilai karakter tanggung jawab, menguatkan kolaborasi untuk menjaga tanaman agar tidak kekeringan.