Mohon tunggu...
SuciatiFDA
SuciatiFDA Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 5 Sijunjung

Guru Bahasa Indonesia, Penulis Novel Online dan sastra yang lainnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SMK Negeri 5 Sijunjung Menggelar Workshop Digital Marketing

14 Oktober 2022   20:49 Diperbarui: 14 Oktober 2022   21:01 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. San Ahdi, S.Sn, M.Ds

Perkembangan dunia teknologi yang sangat -- sangat maju berdampak sangat signifikan akan perkembangan dunia bisnis di dalam dunia usaha dan dunia industri. 

Salah satunya adalah dengan munculnya suatu cara dalam melakukan usaha atau bisnis yang dikenal dengan dunia "Digital Marketing", dimana setiap usaha atau bisnis yang dilakukan memanfaatkan media sosial yang ada. Mulai dari Instragram, Facebook, Tik tok, Twiter sampai dengan beberapa aplikasi yang tumbuh seperti jamur di musim hujan. 

Ahli ahli teknologi informasi berlomba lomba membuat aplikasi penjualan. Sehingga usaha atau bisnis yang biasanya dilakukan secara konvensional sekarang beralih menjadi digital. Peralihan role mode penjualan yang membutuhkan skill yang sangat kompeten untuk bisa bersaing dalam bisnis yang memakai mode digital marketing.

Perkembangan dunia usaha yang seperti ini membuat pihak sekolah khususnya SMK Negeri 5 Sijunjung harus mengadakan workshop atau pelatihan untuk mengenal dunia digital marketing yang sebenarnya. 

Hal ini supaya guru guru yang ada di SMK Negeri 5 Sijunjung dapat terus meningkatkan potensi dan juga wawasannya dalam dunia marketing, sehingga apa yang di dapatkan guru dalam pelatihan itu bisa melakukan transfer ilmu kepada peserta didik. Guru dan Peserta didik SMK diharapkan mampu memanfaatkan dunia digital marketing  untuk memasarkan produk produk yang dihasilkan melalui teaching factory.

Berdasarkan hal di atas dan juga dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan Program SMK PK (Pusat Keunggulan) tahun 2022 pada program Keahlian Ekonomi dan Industri Kreatif SMK Negeri 5 Sijunjung melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing yang dilaksanakan pada hari Selasa sampai dengan Rabu, tanggal 11 sampai dengan 12 Oktober 2022, di labor V SMK Negeri 5 Sijunjung.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Kegiatan ini diikuti oleh Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Pengawas Pembina SMK Se Kab. Sijunjung, wakil kepala sekolah, ketua program studi, seluruh majelis guru SMK Negeri 5 Sijunjung. Adapun pemateri yang di undang adalah narasumber atau fasilitator yang sudah memiliki sertifikat BNSP untuk dunia digital marketing. 

Seorang nara sumber yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menjelaskan dan membawa seseorang yang tidak mengerti dunia digital marketing menjadi paham dan bisa memanfaatkan digital marketing  untuk menunjukkan produk yang dihasilkan dan mengajak orang orang di luar sana membeli produk yang dihasilkan itu.

Fasilitator atau nara sumber yang didatangkan ke SMK negeri 5 Sijunjung oleh Tim Pembelajaran adalah hasil rekomendasi dari tim Dosen Pendamping dari DKV universitas Negeri Padang yaitu Riri Trinanda, S.Pd, M.Sn dan Hendra Afriwan, M.Sn. Kedua pendamping mengusulkan untuk mendatangkan fasilitator San Ahdi, S.Sn, M.Ds, dosen DKV UNP yang sudah malang melintang menjelaskan tentang digital marketing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun