Mohon tunggu...
Suci RamadaniTambuku
Suci RamadaniTambuku Mohon Tunggu... Jurnalis - yo

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

K-Pop Hallyu di Indonesia

23 Desember 2020   21:02 Diperbarui: 23 Desember 2020   21:11 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama   : Suci Ramadani T

Nim     : 50700118017

Kelas   : IKOM A/5

Matkul : Penulisan Kreatif

KPOP HALLYU di Indonesia

Kpop hallyu atau musik kpop singkatan Korean Pop Music saat ini sangat besar bukan hanya di asia tapi juga sampai ke negeri paman sam. Siapa yang tidak mengenal EXO, BTS, atau Blackpink? Saya kira hampir semua orang tau tentang Kpop Idol ini. Bahkan banyak brand Indonesia yang menggaet Idol Korea untuk menarik minat masyarakat. 

Tren kpop ini dimulai dengan munculnya drama korea di tv nasional Indonesia seperti Full House dan dilanjuti musik kpop dari soundtrack drama boys before flowers. 

Pada tahun 1990-an muncul tiga agensi besar korea seperti SM, YG, dan JYP yang sukses mendebutkan boygrup dan girlgrup legendaris. Seperti Suju,Exo, Bigbang, Red velvet, Twice, Blackpink dan masih banyak lagi.

Sebagai peminat k-pop dari tahun 2007 saya merasa semakin kesini musik kpop semakin diterima banyak orang. Hal ini juga didukung dengan teknologi yang semakin bagus. Saya pertama kali mulai menyukai kpop dari media sosial facebook dimana dulu kita hanya bisa megakses lewat warnet atau warung internet.

Waktu itu saya menyukai idol-idol generasi kedua seperti Super Junior, Girls Generation, Bigbang dll. Saya masih ingat saat itu saya masih kelas 6 sd dan hanya saya yang menyukai musik kpop sedangkan teman-teman saya menyukai Cherrybelle, Smash dan CJR yang saat itu sangat booming.  Terkadang saya juga di ejek karena menyukai kpop. 

Sehingga kadang saya sembunyi-sembunyi untuk mendegarkan lagu kpop. Sekarang teman-teman saya yang dulu mengejek saya juga fanatic ke kpop. Bahkan bisa dibilang dia lebih fanatic dari pada saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun