Mohon tunggu...
Suci anggie
Suci anggie Mohon Tunggu... Penulis kacangan

Hidup itu sebuah pilihan maka jadilah pemilih yang bijak😁

Selanjutnya

Tutup

Politik

Reshuffle Kabinet Menggegerkan Warganet?

23 Desember 2020   23:55 Diperbarui: 23 Desember 2020   23:57 120 3 0 Mohon Tunggu...

Dunia pemerintahan mengandung banyak unsur hingga terkadang beritanya begitu banyak yg termasyhur bahkan menjadi tolak ukur? Inilah yang sedang terjadi pada Dunia Pemerintahan Indonesia pada saat ini , adanya Beberapa kasus yang menimpa para menteri Negeri ini agaknya sedikit banyak membuat Presiden negeri ini berpikir keras untuk merubah atau me-reshuffle kabinet nya.

Reshuffle Kabinet? Mungkin ini tidak asing di telinga kita semua karena Beberapa kali Bapak Presiden Joko Widodo Me-reshuffle Kabinetnya , pertama kali dilakukan pada saat beliau menjabat sebagai Presiden di Periode Pertamanya , selain daripada itu Reshuffle kali ini agaknya cukup menjadi sorotan karena beberapa nama baru yang menghiasi Kabinet sekarang yaitu beberapa nama baru yang cukup dikenal atau bahkan banyak dikenal masyarakat luas , mungkin inilah mengapa Reshuffle Kabinet kali ini menjadi sorotan banyak pihak.

Reshuffle yang terjadi ini banyak menyita perhatian warganet dari semua kalangan mulai dari tua ke yang muda nampaknya terhipnotis dengan adanya perubahan kabinet kerja tersebut , Reshuffle yang terjadi dimulai dari nama nama yang cukup diketahui khalayak ramai seperti Bapak Sandiaga Salahuddin Uno yang mana seperti kita ketahui beliau pernah menjadi pesaing Presiden Joko Widodo di Pilpres Tahun 2019 kemarin , cukup mencengangkan memang apa yang dilakukan bapak Presiden kita beliau melakukan banyak terobosan di Kabinet Kerja nya dengan mereshuffle para menteri nya serta tak cukup sampai disini Beliau pun memasukkan beberapa nama sebagai pengganti Jabatan menteri yang kosong di kabinet nya Beberapa nama tersebut ialah Ibu Tri Rismaharini yang mana Beliau adalah seorang tokoh yang saat ini masih menjabat sebagai walikota Surabaya yang artinya bisa dikatakan dengan dipilihnya beliau sebagai menteri maka beliau saat ini merangkap jabatan sebagai walikota dan sebagai menteri. Nama lainnya yang dipilih adalah Bapak Wakil Menteri BUMN yang dijadikan Menteri Kesehatan hal ini sedikit banyak menyita perhatian karena pasalnya ini pertama kalinya Menteri Kesehatan dipilih dengan tidak adanya latar belakang pendidikan Dokter ataupun hal yang berkaitan dengan medis karena Bapak Wakil Menteri yang dijadikan Menteri Kesehatan sama sekali tidak ada latar belakang medis artinya ini kali pertama Menteri Kesehatan kita dipilih bukan berdasarkan latar belakang medisnya tetapi berdasarkan kinerja dan sepak terjangnya dalam menyelesaikan tugas tugas yang selama ini diemban nya. Nama lainnya ada Bapak Erick Thohir serta Bapak Luthfi yang mana beliau berdua merupakan teman setongkrongan dan teman seperjuangan Bapak Sandiaga Uno , ini menjadi sorotan banyak orang baik di dunia nyata maupun di dunia Maya.

Dengan adanya Reshuffle Kabinet ini semoga bisa menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Indonesia karena tercorengnya wajah pemerintah sebelumnya dengan beberapa kasus yang menimpa beberapa Menteri nya , perubahan atau Reshuffle Kabinet tersebut semoga bisa sedikit banyak membantu kekacuan yang terjadi di Pemerintahan terutama di bidang Ekonomi dan Kesehatan kita saat ini yang sedang terpuruk akibat adanya Virus Covid-19 , ya lagi lagi ini semua berkaitan erat dengan Virus Covid -19 yang menyebabkan banyak sektor terpuruk. 

Semua kekacauan di bidang Ekonomi dan Kesehatan memang tidak terlepas dari adanya Virus Covid-19 yang melanda Indonesia maka dari itu tidak ada bosan bosannya terus mengingatkan banyak orang untuk selalu membiasakan hidup sehat , cuci tangan , pakai Masker dan juga Jarak agar Virus ini tidak terus menyebar serta penyebarannya dapat ditekan dan kalau bisa sampai Virus nya menghilang di Indonesia.

Balik lagi ke topik Reshuffle Kabinet yang sedang ramai dibicarakan , apakah Reshuffle yang dilakukan Bapak Presiden ini sudah tepat atau tidak tepat dilakukan di tengah kondisi wabah Virus Covid-19 ini? Ini cukup tepat pasalnya Virus Covid-19 ini telah mengacaukan berbagai sektor sehingga perlu adanya penanganan lebih lanjut terakait virus tersebut , dengan adanya Reshuffle tersebut diharapkan bisa menjadi solusi awal dari semua permasalahan dan dengan dipilihnya para menteri untuk mengisi kekosongan jabatan menteri yang ada diharapkan bisa pelan-pelan menyelesaikan masalah yang terjadi , Reshuffle Kabinet saat ini agaknya diperlukan karena mengingat beberapa kekosongan Jabatan yang ada di Kabinet Kerja Sekarang ini , ini merupakan sebuah gebrakan dari Bapak Presiden kita untuk Pemerintahan kita saat ini sebuah gebrakan yang diharapkan bisa menumbuhkan Ekonomi yang terpuruk meskipun banyak sekali Pro Kontra yang terjadi akibat adanya Reshuffle , ini merupakan hal yang sering biasa terjadi di segala aspek tetapi semoga hal ini tidak terus berlarut larut sebaiknya adanya Reshuffle tersebut bisa menumbuhkan semangat bagi semua masyarakat untuk terus selalu mendukung hal baik apapun yang dilakukan Pemerintah demi keberlangsungan hidup masyarakat , Pererat tali persaudaraan dan saling mendukung antar sesama bangsa dan saling bergotong royong dalam hal baik apapun itu lebih baik daripada selalu meributkan hal-hal yang seyogyanya dapat menimbulkan kekacauan dan perselisihan.

Adakah unsur Politik pada Reshuffle kali ini? Dari yang terlihat saat ini sepertinya unsur politik masih ada atau bisa jadi masih sangat kental , ada atau tidaknya unsur politik yang terjadi di Reshuffle Kabinet kali ini tidak menjadi masalah selama tidak merugikan pihak manapun serta jikalau memang ada unsur politik di dalamnya selama itu tidak menyalahi aturan yang ada dan batas serta norma norma yang berlaku itu masih menjadi hal yang wajar dan tidak perlu diperdebatkan karena bukankah berpolitik di Negeri ini tidak dilarang? Sama halnya dengan kebebasan Berpendapat yang tidak dilarang maka ada atau tidaknya unsur politik itu tidak menjadi masalah selama pedoman kode etik dalam berpolitik masih digunakan.

memang , pemerintahan di Negeri ini tidak terlepas dari adanya unsur politik yang ada bahkan bisa dikatakan bahwa unsur Politik tersebut sudah menjadi adat kebiasaan yang terjadi di pemerintahan kita oleh sebab itu selama Politik dilakukan dalam batas batas Norma yang ada dan tidak melanggar aturan yang berlaku maka sah-sah saja dan tidak perlu menjadi perdebatan dan perselisihan , bagaimanapun Reshuffle yang terjadi saat ini semoga bisa menjadikan hasil yang baik di masa depan , kita doakan saja Indonesia segera pulih dari kemerosotan Ekonomi dan juga Kesehatan.

Kita kembali ke masalah Reshuffle apakah Reshuffle tersebut dapat menjadi solusi? Pertanyaan ini banyak timbul di masyarakat terutama ramai diperbincangkan warganet , untuk masalah hal ini bisa menjadi solusi atau tidak ini bergantung bukan hanya pada siapa menteri dan siapa Presiden nya ini bergantung pada kita semua dan dengan adanya Reshuffle Kabinet tersebut diharapkan menjadi tonggak awal solusi kemerosotan Ekonomi dan juga Kesehatan. Apakah ini menjadi solusi yang efektif? Efektif atau tidaknya tidak bergantung pada siapa Presiden dan Menterinya tapi kepada kita semua yang bekerjasama untuk mewujudkannya , tetap berdoa dan semangat untuk melakukan yang terbaik.

VIDEO PILIHAN