Mohon tunggu...
Subhan Tomi
Subhan Tomi Mohon Tunggu... Belajar84

Belajar menulis bukan karena ingin terkenal tetapi karena peduli. Sebelah Tangan Tidak Akan Bertepuk

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Orangtua sebagai Role Model dalam Pendidikan Anti Narkoba

25 September 2020   13:37 Diperbarui: 25 September 2020   13:50 96 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orangtua sebagai Role Model dalam Pendidikan Anti Narkoba
Dokumen istimewa

Sepakatkah kita ayah dan Bunda, dengan pertanyaan bahwa anak kecil adalah peniru ulung?

Anak adalah pemberian dari yang maha kuasa, anak individu yang gemar melakukan imitasi. Salah satunya secara naluriah anak mencontoh tingkahlaku, tindakan orangtua sebagai role model di sebuah keluarga.

Sebagai orang tua, kita adalah sosok pertama, terdekat, dan tersering yang akan di lihat anak dalam kehidupannya sejak anak lahir, sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak.

Menyikapi perkembangan dan kemajuan zaman di era digitalisasi seperti sekarang ini, penyalahgunaan narkoba menjadi begitu menakutkan, begitu subur peredaran narkoba kita dikejutkan bagaimana para bandar narkoba melakukan inovasi melalui jaringan internet (daring).

Memberikan sinyal khusus kepada orang tua harus peduli bagaimana bahayanya narkoba, kita dituntut berperan sebagai role model, orang tua sebagai panutan yang baik dengan selalu melakukan hal-hal positif dapat membentuk karakter pribadi anak menjadi baik disaat remaja nanti.

Kalau bukan kita siapa lagi yang mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba dan termasuk kepada anak - anak dengan kata lain pendidikan usia dini terhadap bahaya narkoba di dalam keluarga.

Bagaimana menghadapi situasi ini?

Dokumen pribadi penggiat anti narkoba
Dokumen pribadi penggiat anti narkoba
Ada beberapa hal yang bisa orang tua upayakan dalam menyangkal dan memberikan pemahaman tentang Narkotika kepada anak usia dini diantaranya adalah :

Orang tua sebagai Role model/contoh anak adalah peniru ulang dalam meniru orang tua jadi berperilaku lah dengan baik di hadapan anak seperti mengajak dan membimbing anak beribadah, menghormati orang lain yang tujuannya membentuk akhlak yang baik sehingga tidak terjerumus kelak narkoba.

Orang tua update setiap saat nya tentang issue terbaru Narkotika dengan berbagai modus, model terbaru dan cara penyebarannya.

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), mengkonsumsi makanan bergizi, berolah raga, istirahat yang cukup. Ajarkan selalu kepada anak bahwa hidup sehat, bersih sebagian dari Iman sesuai konsep agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x