Mohon tunggu...
MUHAMMAD SUBEKHI
MUHAMMAD SUBEKHI Mohon Tunggu... Freelancer

Bekerja menggunakan hati

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

5 Tempat untuk Menghasilkan Uang dari Desain Grafis di Indonesia

4 Desember 2019   20:45 Diperbarui: 7 Desember 2019   09:54 589 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tempat untuk Menghasilkan Uang dari Desain Grafis di Indonesia
images-1-5de7b719097f3670836814f2.jpg

Seiring dengan majunya teknologi, maka banyak pula profesi yang memanfaatkan kemajuan tersebut. Contoh profesi yang muncul akibat dari kemajuan teknologi adalah seorang desainner yang khusunya bergerak pada bidang grafis. Banyak sekali desainer grafis yang berasal dari Indonesia yang karyanya banyak diakui dunia. Tetapi bagi seorang desainer pemula, apakah karyanya dapat mendunia?. Atau mungkin banyak para desainer yang tak tahu cara menjual desainnya?. Dua hal itu merupakan hal yang menjadi titik perhatian seorang desainer pemula khususnya di Indonesia. Pada artikel kali saya akan membahas mengenai enam tempat untuk menjual desain grafis di Indonesia. Berikut diantaranya.

  • Sribu.com

logo Sribu.com
logo Sribu.com

Merupakan sebuah situs kontes yang asli berasal dari Indonesia. Situs ini biasanya mengadakan kontes atau sebuah perlombaan logo yang hadiahnya lumayan banyak. Jika kamu ingin mendaftar di situs ini, maka kamu harus melewati beberapa tahap tes serta membuat portofolio. Pihak Sribu.com akan menilai atau memutuskan, apakah portofolio mu memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak Sribu.com atau tidak. Jika potofoliomu dirasa tidak memenuhi syaarat dan ketentuan dari pihak Sribu.com, maka kamu dianggap gagal. Tapi jangan menyerah dan patah semangat, coba aja dulu.

  • Sribulancer.com
    Logo Sribulancer.com
    Logo Sribulancer.com

Sribulancer.com merupakan satu perusahaan dengan Sribu.com. yang membedakan adalah Sribulancer.com merupakan situs yang didalamnya ada fitur job. Sedangkan Sribu.com merupakan situs yang hanya berisi kontes atau perlombaan desain saja. Sribulancer.com menyediakan fitur job untuk mencarikan project bagi para freelancer yang menjadi membernya.

  • Projects.co.id
    Logo Projects.co.id
    Logo Projects.co.id

Projects.co.id merupakan sebuah situs freelance seperti Sribulancer.com. system kerja di situs ini adalah jika ada client yang pasang job atau membutuhkan bantuan, maka kita hanya perlu mangajukan proposal terlebih dahulu. Apabila client sudah bersedia merecruit kita, barulah kita mengerjakkan pekerjaannya. Yang menjadi kekurangan didalam situs ini adalah pada tampilan User Interface Nya, karena tampilannya terlalu banyak teks yang membuat terlihat ramai dan pusing jika lama dilihat.

  • Fastwork.id
    Logo Fastwork.id
    Logo Fastwork.id

Fastwork.id merupakan salah satu situs freelance yang berasal dari negara Thailand yang baru-baru ini masuk ke Indonesia. Tampilan User Interface dari situs ini tergolong menarik dan mudah untuk dipahami. Cara mendaftar situs ini tergolong mudah tidak seketat Sribu.com . dalam situs ini juga terdapat sebuah list yang menyatakan tingkat pekerjaan yang paling popular atau banyak dicari oleh client.

  • Tees.co.id
  • Logo Tees.co.id
    Logo Tees.co.id

Situs ini akan memberikan kesempatan desainer untuk menjualkan hasil desainnya. Jika desainnya sudah terjual maka desainnya akan tercetak di kaos, jaket, dan sebagainya. Desainer tidak hanya mengupload hasil desainnya saja tetapi juga harus mempromosikan kemudian menunggu client yang akan memebeli desainnya. Dan pihak dari Tees.co.id hanya mencetak dan mengirimkan desain ke client.

Itu tadi merupakan tempat yang dapat dimanfaatkan oleh para desain grafis di Indonesia untuk menjual produknya atau mencari project. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x