Mohon tunggu...
Subastian Wibowo
Subastian Wibowo Mohon Tunggu... menulis untuk keindahan informasi

Saya lahir di pematang siantar sumatera utara 28 tahun lalu, saat ini menggeluti dunia digital marketing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Berbahaya Menggunakan Plastik Kemasan untuk Makanan Panas

21 Januari 2021   17:14 Diperbarui: 29 Januari 2021   09:13 132 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbahaya Menggunakan Plastik Kemasan untuk Makanan Panas
Halodoc.com

Di era modern seperti saat ini, penggunaan plastik kemasan paper foil sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, hal ini dapat membuat penggunaannya semakin meningkat sebagai pembungkus setia makanan ringan. Padahal, ada beberapa jenis makanan tertentu, seperti makanan panas yang tidak disarankan dibungkus dengan plastik.

Hal tersebut tidak dianjurkan karena kandungan kimia pada plastik dapat terurai langsung ke makanan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda membeli makanan yang dibungkus dengan bahan berkualitas dan aman digunakan.

Plastik memang tidak begitu tahan lama jika berada di suhu panas. Maka dari itu, jika Anda ingin membungkus makanan dan minuman gunakan wadah plastik yang aman digunakan sehari-hari. Pastikan bagi Anda untuk menghindari penggunaan plastik kemasan berbahan plastik berbahaya.

Mengapa Makanan Panas Dibungkus Plastik Dapat Membahayakan Kesehatan?

Perlu Anda ketahui, sebagian besar peneliti sudah banyak menyatakan bahwa kandungan kimia pada plastik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Hal ini dikarenakan seluruh jenis plastik terbuat dari minyak bumi dengan berbagai campuran bahan kimia berbahaya. Maka dari itu, Anda perlu waspada dalam menggunakan produk plastik.

Apabila dikonsumsi, tentunya kandungan zat kimia tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh. Dimana faktor yang menyebabkan terjadinya perpindahan zat kimia tersebut bisa terjadi karena lemahnya ikatan struktur plastik.

Adapun perpindahan zat sisa monomer plastik dapat menjadi semakin besar apabila makanan yang akan dibungkus dalam kondisi suhu panas, seperti halnya gorengan, kuah bakso, serta makanan lainnya yang mengandung kadar asam tinggi.

Umumnya, migrasi bahan kimia ke dalam makan sendiri juga dipengaruhi oleh adanya kontak antara makanan dengan produk plastik kemasan yang digunakan. Sehingga, saat makanan bersuhu tinggi terlalu lama dibungkus plastik, maka kontak sisa monomer plastik dapat bertambah semakin banyak.

Resiko Kesehatan yang Timbul Akibat Mengkonsumsi Makanan Panas yang Dibungkus Plastik

Seperti yang diketahui, produk plastik kemasan hampir seluruhnya mengandung bahan kimia beracun dan berbahaya yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Dimana bahan-bahan kimia tersebut dapat mengganggu kekebalan tubuh dan regulasi hormone, sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesuburan.

Oleh karena itu, apabila Anda sering mengkonsumsi makanan panas yang terbungkus plastik dalam jangka waktu lama, tentu dapat menyebabkan terjadinya perubahan jaringan tubuh. Anda bisa rentan terkena penyakit kemandulan, kanker, kerusakan genetic, keguguran, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x