Mohon tunggu...
Yoanda Suastanti
Yoanda Suastanti Mohon Tunggu... Buruh - saya

selalu ada jalan untuk orang-orang yang masih menggenggam harapan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Antara Lagu, Pancasila, dan Anak Punk

12 September 2019   00:08 Diperbarui: 12 September 2019   00:29 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

ANAK MERDEKA KARYA MARJINAL

  •  

Hitam putih coklat kuning abu-abu monyet

Siapapun kamu dimata alam kita sama

BHINNEKA TUNGGAL IKA berbeda-beda satu jua

Yakinlah kawan bahwa kita tak berjalan sendirian

disetiap langkah dan tujuan

 

Rayakan perbedaan tanpa ada permusuhan

Tanpa perang jalin rasa persaudaraan

 

Karna kita anak merdeka

Anak-anak semua bangsa

Tanpa batas tanpa arah membeda-beda

Karena kau kau kau merdeka

 

Aku ini anak merdeka

Tak berpunya tapi merasa kaya

Sebab didunia milik bersama

Tuk di bagi secara adil dan merata

 

Ku bawa-bawa matahariku

Kubagi-bagi layaknya roti

Semua mendapatkannya

Semua senang bersama-sama


 Lagu yang bertemakan BHINNEKA TUNGGAL IKA cukup popular di kalangan pecinta music indie. Lewat lagu ANAK MERDEKA ini marjinal ingin memberika pesan pada anak muda saat ini khususnya pecinta music punk rock bahwa di Indonesia ini kita semua sama, menghargai perbedaan yang sangat beragam di Indonesia ini.mencintai Indonesia sebagai Negara yang kaya akan budaya,ras,agama,bahasa dan Marjinal sadar kurangnya pendidikan dan perhatian dari pemerintah membuat anak punk tidak paham pada dasar nergaranya sendiri. Tema tentang persatuan dalam lagu  ANAK MERDEKA ini di harapkan dapat memberika pengetahuan terhadap pancasila dan semboyan bangsa kita yaitu BHINNEKA TUNGGAL IKA.

 Lewat lagu anak merdeka ini, marjinal ingin memberikan kesadaran pada generasi muda khususnya anak punk bahwa toleransi yang tinggi dan keadilan tanpa membeda-bedakan adalah akar dari perdamaian di negeri kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa BHINNEKA TUNGGAL IKA  adalah semboyan bagi bangsa Indonesia. Yang berpedoman pada Pancasila. Dalam lagu anak merdeka ini sedikitnya membahas tentang Pancasila yaitu SILA KE-2  kemanusiaan yang adil dan beradab dan SILA KE-3 persatuan Indonesia.

Apakah BHINNEKA TUNGGAL IKA Itu?

  • Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata "bhinneka" memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata "tunggal" berarti satu, dan kata "ika" bermakna itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.

Harusnya setiap warga Negara Indonesia mengetahui arti dari pancasila bukan hanya sebagai ideology Negara saja,akan tetapi sebagai ideology pribadi. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehariusnya menjadi tolak ukur dan menjadi pedoman hidup bagi warga Negara Indonesia.

Pancasila dalam pengertian Kausa Materialis adalah bangsa Indonesia itu sendiri karena Pancasila di gali dari nilai-nilai,adapt-istiadat, kebudayaan serta nilai-nilai religius yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. 

Terbentuknya pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia.

Pancasila itu sendiri berasal dari bahasa sansakerta dari india yaitu Panca (lima) dan Syila (dasar). 

Menurut Muhammad Yamin dalam bahasa sansakerta kata pancasila memiliki  dua macam arti secara Leksikal yaitu Panca artinya lima dan Syila  artinya batu sendi,alas,dasar atau syiila artinya peraturan tingkah lakuyang baik.

Secara etimologi Pancasila berasal dari istilah Pancasyila yang memiliki arti secara harfiah dasar yang memiliki lima unsur. 

Kata Pancasila mula-mula terdapat dalam kepustakaan Budha di India. Dalam ajaran Budha terdapat ajaran moral untuk mencapai nirwana dengan melalui Samadhi. Ajaran moral tersebut adalah Dasasyiila,Saptasyiila, dan Pancasyiila. 

Pancasyiila menurut Budha merupakan  lima aturan yang harus ditaati yaitu larangan membunuh, mencuri, berzina,berdusta dan minum-minuman keras. 

Ajaran pancasyiila masuk kepustakaan Jawa terutama jaman Majapahit yaitu dalam buku syair pujian Negara Kertagama karangan Empu Prapanca.

Kondisi Masyarakat Indonesia sangatlah beragam, mulai dari agama, budaya, suku, bahasa, dan adat istiadat, sehingga dalam ideologi yang dianut harus bisa mewadahi semua aspek-aspek yang ada di dalam keberagaman negara tersebut. 

Pancasila yang mengandung nilai-nilai universal dalam ke lima silanya merupakan suatu solusi yang dianggap mampu menciptakan keharmonisan antar setiap perbedaan, misalnya spesifikasi dari kelima sila mulai dari sila pertama sampai ke-lima:

"Ketuhanan Yang Maha Esa". Jika kita lihat kaidah implementasinya terdapat makna mengakui keberagaman agama, mengakui kebebasan beragama, toleransi antar umat beragama, menyayangi semua mahluk ciptaan Tuhan YME serta membantu yang lemah. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pancasila tidak memberikan sekat atau membeda-bedakan kedudukan manusia di hadapan Sang Maha Kuasa sehingga masyarakat atau bangsa Indonesia tetap hidup harmonis tanpa persoalan yang memicu konflik antar horisontal atau primordial. Sila pertama merupakan roh dari keempat sila senlanjutnya.

"Kemanusian yang adil dan beradab". kaidah implementasi yang dianjurkan oleh sila ke dua yaitu kita sebagai masyarakat yang majemuk harus menyayangi, menolong, serta bekerja sama antar sesama manusia, memberlakukan bahwa semua mahluk yang bernafas adalah sama atau dalam artian kita menghargai dan mengakui kesamaderajatan dengan aturan emas yang juga diajarkan oleh berbagai agama tentang suatu perbuatan baik.

"Persatuan Indonesia". Pemaknaan yang harus kita jadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dari sila "Persatuan Indonesia" yaitu menyatukan semua unsur yang berbeda. 

Artinya bahwa kita sebagai bangsa indonesia haruslah menjadi satu kesatuan yang utuh tanpa membedakan golongan-golongan atau memberikan sekat-sekat di antara benyaknya perbedaan yang indikasinya akan hanya menimbulkan perpecahan internal yang mengancam ketahanan nasional.

Apabila masyarkat Indonesia menghayati dan mengimplementasikan kaidah sila ketiga dengan baik dalam keseharian kita maka hubungan di antara sesama akan sangatlah sehat dalam kehidupan bersosial karena pandangan kedewasaan yang harus kita ketahui bahwa kita lahir dari rahim yang sama yaitu kita adalah anak kandung ibu pertiwi.

"Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan". Sila keempat yang patut dijadikan suatu pegangan hidup sebagai mahluk sosial yang hidup dalam sila ke-empat yaitu bagimana kita diberikan kebebasan berkumpul dan berserikat serta menyampaikan pendapat.

Dalam hal ini keterbukaan terhadap semua keberagaman dapat menyatukan sebuah pandangan, tujuan, cita-cita dan keinganan. 

Biasanya ranah musyawarah dapat menjawab problematika berbangsa misalnya contoh konflik antar umat beragama yang tidak menemukan titik temu, di mana para pemuka agama yang bersiteru duduk berdampingan lalu melakukan dialog publik untuk memberikan pemahaman terhadap umat yang sedang bersiteru.

Sehingga dari hal tersebut bisa dikatakan adanya ranah musyawarah sehingga menemukan suatu kesepakatan "bahwa semua agama melarang yang namanya saling bunuh antar sesama mahluk ciptaan Tuhan". Hal ini merupakan goal dari hasil musyawarah yang disebut mufakat.

"Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Keadilan yang sosial bukan berarti sama rata sama rasa seperti yang diterapkan di negara China dan beberapa negara yang berlandaskan paham komunismenya. 

Muatan dalam sila kelima ini yang dimaksudkan adalah berlalku adil atau tidak membeda-bedakan dengan siapa saja kita hidup bernegara dan juga dalam hal ini kita sebagai bangsa Indonesia dianjurkan untuk bekerja sama-sama dalam artian kita menjunjung asas gotong royong.

Sehingga di antara banyak keberagaman kita dapat mempererat tali persaudaraan. Sila kelima merupakan target yang harus segera dicapai karena dampaknya belum begitu terasakan sehingga masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup dalam garis kemiskinan sehingga kemakmuran dan kesejahteraan di negara ini belum sepenuhnya tercapai. 

Maka dari itu dalam sila ini diajarkan tentang kaidah implementasi bagaimana yang kuat dianjurkan membantu yang lemah dalam artian saling tolong menolong.

Alangkah begitu eloknya negeri ini jika Pancasila dipahami dan diimplementasikan dengan baik. Namun realita mengatakan sejauh ini masyarakaat kita hanya sekedar menghapal dan hanya tahu saja tentang Pancasila. 

Bisa kita bayangkan kita duduk di bangku sekolah dasar sampai perguruan tinggi diberlakukan pendidikan tentang Pancasila namun segelintir saja mau paham dan menjalankan sila-silanya dengan baik. Maka sesungguhnya Pancasila mengandung nilai-nilai universal yang mempunyai cita-cita baik.

Dalam lagu ANAK MERDEKA ini jelas sekali bahwa kita sebagai bangsa yang telah merdeka seharusnya tidak membeda-bedakan ras,agama,budaya dan bahasa karna kita semua sama dimata hukum,tuhan dan pancasila sebagai ideology bangsa.

 Tanpa ada permusuhan apalagi peperangan yang dapat merugikan bangsa Indonesia. Mencintai tanah air kita yang kaya akan alam dan budayanya. Sebagai generasi muda kita wajib bangga akan tanah air kita dan menjaga persatuan dan kesatuan republic Indonesia.

2.A.Pengertian Pancasila bagi komunitas punk

Anak punk yang dikenal dengan tampilan yang urakan,gaya rambut mohwack,bertato merupakan bentuk pemberontakan kepada pemerintah. Berbekal etika DIY, beberapa komunitas punk di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang merintis usaha rekaman dan distribusi terbatas. Seperti halnya komunitas TARING BABI yang di bentuk oleh Mike vokalis marjinal. Komunitas taring babi ini adalah salah satu komnitas punk yang terorganisir. Karya mereka amat sangat keritis terbukti dengan lagu-lagu yang mereka ciptakan selalu mengkeritik kebijakan pemerintah yang dinilai sangat menyusahkan rakyat. Mereka membuat label rekaman sendiri untuk menaungi band-band sealiran sekaligus mendistribusikannya ke pasaran. Kemudian usaha ini berkembang menjadi semacam toko kecil yang lazim disebut distro.

CD dan kaset tidak lagi menjadi satu-satunya barang dagangan. Mereka juga memproduksi dan mendistribusikan t-shirt, aksesori, buku dan majalah, poster, serta jasa tindik (piercing) dan tatoo. Seluruh produk dijual terbatas dan dengan harga yang amat terjangkau. Dalam kerangka filosofi punk, distro adalah implementasi perlawanan terhadap perilaku konsumtif anak muda pemuja Levi's, Adidas, Nike, Calvin Klein, dan barang bermerek luar negeri lainnya.

Punk, pasti dalam pikiran kita ketika mendengar kata itu pasti yang terbayang adalah kenakalan dan kerusuhan. Kita semua pasti pernah melihat sekelompok anak-anak berumur 14-18 tahun yang berkeliaran di lampu merah, halte, gang senggol, dan tempat-tempat lainnya yang biasa dijadikan tempat nongkrong anak-anak yang bergaya ala Punk. Berpakaian serba hitam, rambut mowhawk dan atau camuri (cakar muka sendiri), celana ketat serta bau minuman anggur (alkohol) yang harganya "ceban". Awalnya kelompok ini hanya terdapat pada anak-anak band yang mengikuti inspirator mereka dalam bermusik, akan tetapi gaya ala punk ini sudah memasuki gaya hidup ABG sekarang ini. Keberadaan mereka belakangan ini sangat meresahkan karena sering melakukan pemalakan, ngamen secara paksa di dalam angkot-angkot dan sering membuat keributan.Mirisnya lagi, mereka bergaya ala Punk akan tetapi tidak tahu arti Punk itu sendiri dan tidak tahu pula sejarah dan asal muasalnya. Yang mereka tahu Punk adalah anak gaul, anak band, pemberani dll. 

Hal yang demikian ini sebenarnya adalah perusak citra punk sendiri karena tujuan punk sebenarnya adalah menuntut keadilan, serta saling menghargai ke semua orang, entah apa itu suku, etnis dan agama harus bersatu melawan ketidak adilan. Sebenarnya Punk ini merupakan pemberontakan dari anak-anak kelas pekerja yang tidak puas akan sistem politik dan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah karena menyebabkan pengangguran dan juga terjadinya krisis moral, Punk ini juga dijadikan sebagai Ideologi dan aliran musik yang bernuansa sosial, politik, dan budaya. Banyak yang mengartikan punk itu adalah Pemuda Urakan Namun Kreatif, sebenarnya kata punk itu muncul pertama kali di Inggris dari sebuah karya Williams Shakespeares yang berjudul , The Marriage of Lady Windsor .Sebagai sub-kultur, Punk berkembang sekitar tahun 80-an .

Punk sebagai gerakan mengunggulkan rasa toleransi dan kebebasan. Punk, sebagai pemula, yang pertama meneriakkan ketidakadilan dan perlawanan terhadap sistem yang korup, anak-anak kelas pekerja ini dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun terkadang kasar, beat yang cepat dan menghentak. Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh mereka. 

Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal. Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker. Tetapi Punk sebenarnya tidak harus menggelandang dijalan,mabuk-mabukan nggak jelas, berambut mohawk,tatoan, berdandan urakan dan apalagi harus berbuat onar. Pekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar pun bisa dianggap sebagai punkers. 

Hakekat dari punkers sendiri adalah mereka yang memiliki spirit punk yang pantang menyerah serta peka terhadap masalah sosial yang ada disekitarnya. Punk yang menganut ideologi bagus yaitu Do It Your Self yang artinya lakukan apa yang menurut kamu harus lakukan yang tentu saja tidak menginjak harga diri orang lain dan tidak merugikan orang lain. Ideologi tersebut sebenarnya sangat bagus jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang melatih kita untuk tidak takut untuk mengambil resiko, mandiri, bisa berfikir out of the box, serta menambah giat bekerja untuk tidak bermalas-malasan. Selain itu jika kita menemui kegagalan ingatlah punk pasti kita tidak terlarus terus menerus dalam kegagalan itu karena punk mengajarkan tentang ketegaran dalam menghadapi masalah serta tidak boleh cengeng dalam menghadapi masalah. Hal ini bisa dibuktikan bahwa banyak tokoh punk yang sukses bukan karena keonaran mereka, tetapi karena usaha mereka yang giat untuk mencapai sukses. Bahkan mereka juga sukses tidak hanya dengan bermusik saja mereka juga membuka clotingan kaos, membuka distrro-distro, membuka bar, dan studio musik tetapi mereka tidak keluar dari konsep punk atau malah berkejasama dengan apa yang sebenarnya mereka lawan yaitu ketidakadilan, serta tidak hanya main band saja tetapi tetap kritis dengan permasalahan sosial dan penegakan HAM.

Adapula anak punk yang di anggap meresahkan warga,menganggu ketertiban umum dan merusak pemandangan karna tampilan mereka yang provokatif dan terkesan jorok. Anak  punk ini lah yang seharusnya di berikan  pengarahan dan wadah dari pemerintah, sehingga mereka dapat menemukan mata penceharian baru selain mengamen. Jika anak-anak punk ini dibimbing dengan benar karya-karya mereka sangat kreatif dan kritis.hanya saja karna tampilan mereka pemerintah seakan enggan untuk memberikan sarana pada mereka. Dinas keteritban umum hanya merazia mereka dan mendatanya tanpa memberikan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Seperti yang terjadi di beberapa kota di Indonesia, sepeti di Ngawi 13 anak punk yang di tangkap Satpol PP ternyata hapal lagu kebangsaan Indonesia dan hapal pula Pancasila. Mereka di tangkap karena melanggar Perda no.1 tahun 2017 tentang ketertiban umum dan masyarakat di Kabupaten Nawi.  Dan 13 anak punk  di Jombang dengan usia sekolah pun nyatanya tidak semua hafal pancasila.

Berbeda dengan komunitas Taring Babi yang didirikan oleh marjinal, group music alran rock punk ini sangat nasionalis dan tentu saja mereka hapal pancasila. Taring babi adalah wadah untuk anak-anak punk yang kreatif. Menurut taring babi punk bukan hanya sekedar music dan style,music bagi mereka music dan karya-karya mereka menjadi keritik social. Seperti tato yang di buat marjinal mengandung pesan dan ideology dan mengandung makna di tiap gambarnya. Punk kerap diidentikan dengan hal-hal yang negative. Menjadi diri sendiri, bebas dan mandiri menjadi motivasi komunitas Taring babi untuk menghilangkan anggapan tersebut. Bobi gitaris marjinal band  mengajak anak-anak punk jalanan berkarya untuk menghilangkan anggapan negative masyarakat. Ternyata potensinya bisa melebihi orang-orang dengan background institusi karena mereka mendapat pelajaran dan pengalaman di jalan,maka mereka dapat menghasilkan suatu karya misalnya music atau lukisan dengan hasil yang keren dan keritis yang menyuarakan pesan-pesan dibalik karya-karya yang mereka hasilkan.Minimnya wadah juga perhatian pemerintah dan masyarakat menutup potensi yang mereka miliki.

Berikut ini wawancara saya dengan beberapa perwakilan dari komunitas punk. Adapun pertanyaan yang saya ajukan adalah sebagai berikut:

1.Apakah anda hapal pancasila?

2.Apakah anda mengetahui pengertian pancasila?

Dari beberapa perwakilan dari komunitas punk yang saya wawancarai beriut ini jawabannya

Yadi, perwakilan dari Kuningan of the punk"hapal lah gue pancasila,menurut gue pancasila tuh mungkin ideology dasar bagi Negara Indonesia"

 ray dari punk Bekasi " kaga hapal gue kak,kaga tau dah pancasila apaan"

Benndot dari street punk Kuningan of the punk " gak tau bingung apal dikit-dikit,tapi bingung pancasila apaan"

Adang 28 tahun  dari punk-punk street of bekasi " gue hapal pancasila tapi gue gak tau pancasila apaan"

Hasan  dari punk Jakarta " gue apal,pancasila ideology negara"

Cepi dari punk Jakarta " gue apal tap gue gak tau pancasila apaan"

Dari hasil wawncara di atas 4 dari 6 yang saya wawancarai ternyata hapal pancasila walaupun pengertian dari pancasila itu sendiri hanya 2 orang saja yang mengetahuinya.

B.Pengertian pancasila menurut generasi muda

Pada zaman yang serba canggih ini,media social menjadi  trend di kalangan anak muda,adanya facebook,twiter,instagram dan youtube seakan menjadi kiblat baru untuk generasi muda saat ini. Sehingga banyak tradisi dan budaya yang kian di tingggalkan karena akses untuk melihat budaya luar sangatlah terbuka sehingga kaum muda yang masih labil dapat mengadaptasi budaya luar tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Pancasila seakan hanya menjadi teks dalam upacara,menjadi lirik dalam lagu tanpa mengetahui arti daripada pancasila itu sendiri. faktanya pemahaman tentang pancasila masih sangat minim jika di bandingkan dengan generasi terdahulu  yang memang memahami pancasila bukan hanya sebagai ideology bangsa saja tapi juga ideology pribadi dan menjadi pedoman bangsa Indonesia dalam menjalankan pemerintahan,baik ekonomi,politik,social dan hukum sebagaimana telah tercantum dalam UUD 1945.

Berikut ini wawancara saya dengan generasi muda  dari berbagai profesi dengan pertanyaan sebagai berikut :

1. Apakah anda hapal pancasila?

2.Apakah anda mengetahui pengertian pancasila?

Berikut jawabanya

Irja wijaya 38 tahun,pengurus masjid al-muhajirin "saya hafal pancasila dan pancasila adalah ideology  dasar Negara"

Irwan 28 tahun, cleaning service " hapallah, pancasila itu adalah dasar Negara"

Trias indah sari 28 tahun, ibu rumah tangga "hapal, dan menurut saya pancasila adalah tolak ukur atau pedoman Negara kita dimana setiap tindakan harus bercermin pada pancasila"

Deani dwi utami 21 tahun, mahasiswa universitas empu tantular " insyaallah hapal,pancasila adalah dasar berdirinya suatu Negara. Begitu juga dengan saya, pancasila merupakan dasar bagi pribadi saya untuk berdiri, berpegang teguh terhadap prinsip. Mengingat tuhan, menjadi manusia yang bertata karma, menghormati segala perbedaan, bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah, menjadi adil dalam segala perbedaan.

Aan lesmana 24 tahun, ds. Interior " hapal, pancasila adalah ideology kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia"

Nevisa widyani 24 tahun, ibu rumah tangga " hapal, pancasila adalah 5 sila"

Lili rojali 24 tahun, pedagang "hapal ,ibarat pedoman bangsa Indonesia the ka pancasila,ideology bangsa"

Afni 40 tahun, wiraswasta " hapal dong,pancasila adalah asas Negara, patokan Negara"

Nur jannah 30 tahun,pramusaji " hapal,pancasila dasar Negara"

Mantep pujiono 28 tahun,leader PT. Bakti karya persada "hapal lah,pancasila itu ideology Negara"

Tri harum mastinah 37 tahun,Dokter " tentu saja hapal, bagi saya pancasila sangatlah penting, karena pancasila adalah dasar dari berdirinya Negara kita karena dalam pancasila adalah falsafah dan pedoman hidup serta dasar Negara. Tanpa pancasila, kita tidak memiliki panduan-panduan untuk melaksanakan kehidupan bernegara, berbangsa dan bertanah air Indonesia"

Wulan agis srilestari 22 tahun,accounting di Jambu Luwuk Hotel & Resourt "hapal, pancasila itu landasan Negara"

Dari hasil wawancara saya di atas hanya menunjukan bahwa pancasila hanya di hapal saja dan pemahaman mereka tentang pancasila hanya berupa ideology bangsa, dari 12 orang yang saya wawancarai hanya 2 yang benar-benar paham pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan baik bernegara maupun dalam kepribadian kita.

Dari hasil pembahasan peranan pancasila dalam lagu anak merdeka dan pengertian pancasila bagi komunitas punk dan generasi muda, dapat di simpulkan sebagai berikut :

  • Peranan pancasila dalam segala aspek kehidupan bukan hanya berbangsa dan bernegara saja,ternyata pancasila juga dapat di aplikasikan pada karya-karya yang keritis dan membangun. Seperti lagu anak negeri dari marjinal, liriknya mengingatkan kita pada nilai -- nilai pancasila yaitu persatuan Indonesia. Mengingatkan kita bahwa kita masih punya pancasila sebagai ideology paling sempurna. Tidak membeda-bedakan ras,agama dan bahasa. Komunitas punk sendiri nyatanya tidak seburuk yang kita lihat mereka dapat berkarya dengan sangat baik jika diarahkan. Keberadaan mereka seolah mengganggu keteriban umum,namun pada kenyataanya tampilan mereka adalah bentuk pemberontakan kepada pemerintah karna ketidakpuasan system yang sedang berjalan. Dan memang hukum itu tumpul keatas dan tajam kebawah.
  • Seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke waktu, yang kemudian disebut sebagai era Globalisasi, pengaktualisasian pengamalan-pengamalan Pancasila dan UUD 1945 dalam berbagai bidang dikehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sangat penting. Ini demi kebaikan dan kemajuan bersama. Namun pada kenyataannya pancasila hanya sebagai teks yang dihapal saja tanpa mengerti nilai-nilai yang terkandung dalam  5 sila tersebut. Generasi muda baik itu yang berpendidikan tinggi maupun rendah  tidak benar-benar paham akan pentingnya nila-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Saran
  • Menurut saya, kurangya apresiasi dan perhatian pemerintah dan masyarakat pada anak-anak punk yang memang masih mencari jati diri. seharusnya pemerintah dapat mendukung dan memberikan wadah pada anak-anak punk jalanan agar tidak terjadi kejahatan di jalanan karena tidak adanya lapangan pekerjaan untuk mereka,masyarakat pun enggan menerima mereka sebagai salah satu karyawannya karna tampilan mereka yang urakan dan provokatif. Seharusnya pemerintah tidak hanya mendata saja tapi juga memberikan latihan kerja, mengasah kreatifitas mereka dan menggali kemampuan mereka sehingga mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan tanpa turun kejalanan. Namun pemerintah seolah menutup mata pada komunitas punk ini.Karya-karya mereka dalam music seperti lagu anak negri pun tidak dilirik sama sekali padahal karya mereka di akui di luar negeri seperti Belanda  bahkan  artikelnya dimuat oleh  situs online BBC WORLD SERVICE.

  • Dalam dunia pendidikan seharunya direvisi kembali tentang  pendidikan pancasila sehingga generasi muda saat ini bukan hanya mengetahui dan menghapal pancasila saja tapi dapa memahami dan menjalankan nilai -- nilai yang terkandung dalam pancasila. Dunia pendidikan juga berperan penting dalam membentuk moral generasi muda saat ini. Saya harap generasi muda saat ini bukan hanya menjadi generasi penerus bangsa akan tetepi menjadi generasi perubah bangsa kearah yang lebih baik.amiin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun