Mohon tunggu...
I PUTUSUARYOGA
I PUTUSUARYOGA Mohon Tunggu... Pandangan Mahasiswa

Pandangan Mahasiswa terhadap masyarakat agar selalu taat hukum.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Tragedi Hidup di Tengah Modernisasi

30 November 2020   21:58 Diperbarui: 30 November 2020   22:03 46 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tragedi Hidup di Tengah Modernisasi
Foto: I Putu Suaryoga, S.H.

Oleh : I Putu Suaryoga, S.H.

TRAGEDI HIDUP DI TENGAH MODERNISASI

( Pahami masa lalu mu, pikirkan masa sekarang, untuk masa depan yang lebik baik )

Manusia adalah makhluk tuhan yang sempurna, namun manusia bukan makhluk tuhan yang suci. Yang bisa dikatakan makhluk tuhan yang paling suci itu adalah hewan, karena hewan tidak bisa berbicara, dengan demikan tentunya hewan tidak pernah berbohong dan tidak pernah menyakiti.

Manusia dilahirkan ke dunia ini yang penuh dengan masalah, sebenarnya yang harus kita ketahui mengapa bayi yang baru dilahirkan pasti menangis, itu dikarenakan dia tahu bahwa dirinya dilahirkan ke dunia yang penuh dengan masalah.

Ketika kita beranjak dewasa, waktu demi waktu, hari demi hari kita akan selalu menghadapi sebuah masalah. Ada sebuah cerita kenakalan anak remaja itu dimulai ketika mereka beranjak menduduki bangku sekolah menengah atas.

Banyak hal masalah yang mereka hadapi yaitu dalam pergaulan, bercinta, hingga pernah menyakiti perasaan orang lain. Dalam kehidupan itu sesuatu hal yang wajar, apakah perbuatan yang salah itu dibenarkan atau diwajarkan ? tentunya tidak, namun dari kesalahan yang kita perbuat itu adalah sebuah pengalaman di dunia ini yang kita jadikan sebuah pelajaran dalam sebuah kehidupan, karena ketika adanya sebuah tantangan kita menjadi bisa dan ketika adanya sebuah masalah kita bisa menjadi lebih dewasa

Apakah perbuatan menyakiti perasaan orang lain dalam sebuah percintaan itu adalah perbuatan yang berdosa ? secara logika kita pahami apakah didunia ini ada orang yang tidak sama sekalipun melalukan perbuatan yang berdosa? Pastinya tidak, itulah yang dinamakan  tragedi hidup ditengah modernisasi.

Namun pertanyaan-pertanyaan selalu ada didalam pikiran, apakah perbuatan menyakiti seseorang itu akan kena karma dan apakah bisa berubah lebih baik ? pertanyaan itu semua terjawab ketika kita bisa menghadapi semua masalah yang kita hadapi, banyak orang takut dengan adanya karma, namun sebenarnya karma itu adalah sebuah perubahan yang dimana karma itu datang agar kita bisa berubah menjadi yang lebih baik dan hanya kita yang bisa merubah sikap dan prilaku kita sendiri, maka jadikanlah dirimu oleh dirimu sendiri.

Jangan pernah malu untuk mengungkap masalalu atau keburukan anda di masalalu, karena sujatinya kita harus bangga mempunyai masa lalu yang buruk karena dari masa lalu itulah yang membuat kita menjadi bisa dan dewasa dan kita pikirkan dimasa sekarang untuk mencapai masa depan yang lebih baik, tinggalkanlah gengsi bahwa hidup berawal dari mimpi.

#NIKMATI HIDUPMU SEMASIH BISA MENIKMATI KEINDAHAN INDONESIA

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x