- Pembelajaran diobservasi atau disupervisi oleh Kepala Sekolah.
Pembelajatan diobservasi atau disupervisi kepala sekolah sudah sering kali dilakukan dan terakhir yaitu beberapa bulan yang lalu. Biasanya supevisi dilakukan dua minggu sebelum hari-H. Berbagai keperluan supervisi disiapkan terutama administrasi kelas.
- Pengalaman saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.
Pengalaman saya yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan seperti biasa tetapi beberapa kali kegiatan di RPP terlupakan urutannya atau tertukar posisi karena sebagai Guru tentunya sulit untuk menghafal kegiatan pembelajaran di RPP dan namanya juga RPP masih tahap rencana tetapi secara garis besar materi utamanya tidak terlupakan sehingga dari RPP yang telah dibuat sebagian besar terlaksana. Kegiatan supervisi pada umumnya sesuai jadwal yang telah disepakati.
Pasca kegiatan observasi yaitu Melakukan refleksi bersama dan kepala Sekolah memberi masukan serta pengutan ataupun umpan balik terhadap kegiatan yang baru selesai dilakukan. Kegiatan berikutnya saya melakukan perubahan berdasarkan masukan dari kepala sekolah tentang kekurangan yang ada
- Proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Saya berkembang sebagai seorang pendidik yaitu supervisi dilakukan secara kontinu dengan jadwal yang disusun bersama diawal semester dan jadwalnya dipajang di ruang Guru.
Jika Saya saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, posisi Saya sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10 adalah 7
- Aspek yang Saya butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal adalah perlunya komunikasi yang baik antara Kepala Sekolah dan Guru tentang administrasi yang belum lengkap serta pembuatn jadwal supervisi yang dibuat secara bersama. Kepala Sekolah juga dapat membantu Guru mengatasi permaslahannya bukan hanya dalam bantuan mengoreksi (berbentuk ceramah) tetapi membantu bagaimana mengoperasikan atau mengelola permasalahan yang dihadapi Guru. Jika Kepala Sekolah tidak mampu dapat meminta bantuan Guru lain yang dapat membantu atau yang berkompeten.
- Harapan Terkait Modul Â
Harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini yaitu saya dapat menjadi coach (pemberi manfaat dan pelaksana kegiatan coaching), Â pemimpin pembelajaran yang dideal.
- Kegiatan, materi, manfaat yang Saya harapkan ada dalam modul ini yaitu
Kegiatan : Banyak share antar sesama CGP, Fasilitator, dan Instruktur sehingga akan menambah wawasan mengenai coaching.
Materi : Bagaimana choch dapat memberi manfaat dalam pelaksanaan kegiatan choaching di sekolah ataupun dalam  lingkup pendidikan yang lebih besar lagi.