Mohon tunggu...
Suartini Iklima
Suartini Iklima Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tipe Guru pada umumnya tetapi senang dengan perubahan dan inovasi baru. Walau usia bukan muda lagi tetapi semangat belajar dari berbagai media dan orang sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Kompetensi Sosial dan Emosional di Kelas

25 November 2022   00:05 Diperbarui: 25 November 2022   00:09 780
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Praktik KSE

Beberapa hari yang lalu, ketika mulai masuk modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional yang di dapatkan di LMS membuat saya mulai mencoba menerapkannya di kelas yang saya ampu dengan masih sedikitnya pengetahuan saya mengenai KSE karena masih sampai Eksplorasi konsep.

Awal kegiatan saya lakukan dengan menggambarkan beberapa emoji (emoticon) di papan kelas. Murid saya bagikan kertas kosong (HVS) dimana murid nantinya akan menggambarkan emoji mereka. Saya memberi soal pemantik “Gambarkan emoticon yang kamu rasakan dalam seminggu ini yang menarik menurutmu” sebagai implementasi KSE Kesadaran diri. Sayapun memberi contoh-contoh yang akan semakin Murid memahami apa yang saya instruksikan.

Murid mulai membuat emoticon di kertas yang dibagi menjadi empat bagian. Muridpun saya minta untuk memperlihatkan emoticonnya ke pasangannya dengan mereka saya minta untuk berbagi kisah selama dua menit tentang cerita menarik mereka yang tertuang dalam emoticon yang mereka buat secara bergiliran (implementasi KSE kesadaran sosial dan kemampuan berelasi).

Implementasi Manajemen diri. Muridpun diajak untuk hening sejenak dengan teknik STOOP. Musik instrument saya perdengarkan dan Muridpun diminta untuk menutup matanya dengan saya berikan sedikit selingan kalimat yang akan menggugah perasaannya. Murid saya minta membuka mata dan menuliskan perasaannya dengan emoticon di kertas yaitu ketika mendengarkan instrument musik dan ketika selesai mendengarkannya.

Emoticon yang dibuat lebih banyak emoticon sedih. Merekapun saya minta untuk menceritakan ke pasangannya. Beberapa Murid diminta untuk menceritakan di depan kelas tentang perasaannya yang dituangkan dalam emotikon yang digambarnya.

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab sebagai implementasi KSE yaitu dengan melatih murid untuk membuat keputusan yang bealasan atau masuk akal seperti saat mereka menceritakan ke pasangannya perasaannya dengan memilih sebuah tanggapan yang disampaikan ke pasanganya ataupun saat murid menceritakan pengalaman menariknya dengan memilih satu cerita atau kisahnya.

Kegiatan selanjutnya yaitu sesuai dengan materi inti pada hari itu dan untuk implementasi KSE diusahakan dilakukan setiap hari apalagi setelah melakukan kegiatan Ruang Kolaborasi dan Elabrasi Pemahaman bersama instuktur yang semakin menambah wawasan saya tentang penerapan atau implementasinya di kelas. Demikian penerapan KSE awal yang saya lakukan. Semoga dapat menginspirasi dengan amati, tiru dan modifikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun