Mohon tunggu...
Suardi syamsuddin
Suardi syamsuddin Mohon Tunggu... Administrasi - Aparatur Sipil Negara

Selain hobby menulis, saya juga suka olah raga

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pelatihan Alsintan, Upaya Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Hasil

22 September 2022   12:56 Diperbarui: 22 September 2022   13:02 37 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Andi Tjalo Kerrang saat membuka kegiatan pelatihan demonstrasi alsintan. Dokpri

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang Andi Tjalo Kerrang membuka kegiatan Pelatihan Demonstrasi Alat dan Mesin Pertanian Program IPDMIP untuk petani yang berada di Desa Buttu Sawe dan Katomporang Kecamatan Duampanua, bertempat di aula kantor BPP Kecamatan Duampanua.

Alat dan mesin pertanian atau biasa disingkat dengan nama Alsintan menurut Andi Tjalo adalah peralatan yang dioperasikan oleh petani tanpa atau dengan motor penggerak untuk melakukan budidaya, pemeliharaan dan panen.

Lebih lanjut, Andi Tjalo memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Beliau juga berharap dengan adanya pelatihan ini, para petani bisa menambah wawasannya agar perawatan dan penggunaan alsintan dapat lebih maksimal lagi.

"Saya berharap, Pelatihan ini tidak hanya dijadikan media silahturahmi antara petani dengan petugas, atau antara petani dengan petani, tetapi menjadi wadah untuk kita menambah wawasan mengenai tata cara mengoperasionalkan dan bagaimana melakukan perawatan atau perbaikan terhadap alsintan itu sendiri." Jelasnya.

Terkait masalah budidaya, Alsintan memberi banyak manfaat bagi para petani. Selain mempercepat proses pengolahan hingga terwujudnya tanam serentak, Alsintan juga membantu petani dalam proses panennya.

Diakhir arahannya, Andi Tjalo meminta agar di kegiatan pelatihan ini, peserta lebih banyak melakukan praktek dilapangan dengan alasan bahwa petani lebih cenderung mengikuti apa yang mereka lihat dibandingkan dengan apa yang mereka dengar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan