Mohon tunggu...
Suardi syamsuddin
Suardi syamsuddin Mohon Tunggu... Administrasi - Aparatur Sipil Negara

Selain hobby menulis, saya juga suka olah raga

Selanjutnya

Tutup

Makassar Pilihan

Sekolah Lapang, Membangun SDM Petani

9 September 2022   12:57 Diperbarui: 9 September 2022   12:58 141 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Andi Tjalo saat membuka sekolah lapang tani program IPDMIP (Dokpri)

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melalui bidang Prasarana dan Sarana Pertanian menggelar kegiatan Sekolah Lapang Tani Tahap I Program IPDMIP Tahun 2022 yang dilaksanakan di aula kantor BPP Kecamatan Lembang, Jum'at (09/09/2022).

Acara yang juga dirangkaikan dengan acara sosialisasi Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di buka langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikuktura Kabupaten Pinrang, Andi Tjalo Kerrang.

Menurut Beliau, menuntut ilmu itu adalah sebuah keharusan yang tidak pernah mengenal usia, jenis kelamin maupun profesi. Tua dan muda, perempuan dan laki-laki serta apapun profesinya harus selalu menambah wawasannya.

"Sekolah bukan hanya diperuntukkan untuk anak kecil atau yang berusia muda, tetapi diperuntukkan untuk semua manusia termasuk para teman-teman petani dan keluarga petani." Katanya.

Pada Sekolah Lapang ini, petani yang menjadi peserta diharapkan untuk belajar dengan serius, agar mampu mempraktekkan apa yang didapat selama mengikuti pelatihan ini.

"Sebagai Instansi yang bertanggungjawab terhadap kehidupan petani dan keluarganya, Kami berharap pertemuan yang pelaksanaannya selama 12 kali ini benar-benar memberi manfaat bagi seluruh peserta dan juga kepada petani yang berada disekitarnya." ungkap Andi Tjalo

"Di sekolah lapang ini," lanjut Beliau, "perempuan juga dilibatkan sebanyak 30% dari jumlah peserta dengan harapan agar bisa menjadi pengelola keuangannya bapak-bapak petani, terutama penyediaan dana untuk benih dan saprodi lainnya."

Di sekolah lapang ini selain diajarkan materi tata cara mengelola keuangan, pada pelatihan ini juga petani akan diajarkan tentang cara pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati.

"Selain cara mengelola keuangan, peserta juga akan diajarkan cara untuk membuat pupuk organik dan pestisida nabati dengan harapan petani mampu memenuhi kebutuhan pupuknya sekaligus menekan biaya pengeluarannya." lanjut Andi Tjalo.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Hj. Nuraini beserta rombongannya, PPK sekaligus menjabat Kepala BPP kecamatan Lembang M. Said, dan petani yang tergabung dalam kelompok tani Mattarima dan Batu Piang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan