Mohon tunggu...
Siti Zulaikah
Siti Zulaikah Mohon Tunggu... Mahasiswi Fakultas Ekonomi, D3 Akuntansi, Universitas Islam Sultan Agung

Learn

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Manfaatnya dalam Usaha Set Alat Makan "STUFFTALKS"

12 April 2021   11:00 Diperbarui: 13 April 2021   09:28 103 1 0 Mohon Tunggu...

Dosen Pengampu: Sri Dewi Wahyundaru


Email: sridewi@unissula.ac.id


Siti Zulaikah

Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Agung Semarang


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Manfaatnya dalam Usaha Set Alat Makan “STUFFTALKS”


Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi yang ada pun semakin canggih dan terdepan. Segala hal beradaptasi  dengan kemajuan yang ada. Baik kemajuan dalam bidang teknologi, sains dan lain-lain. Selain itu, perkembangan yang ada tidak dapat dipungkiri bahwa itu semua merupakan peran dari sistem informasi. Sistem informasi yang ada menyebabkan segala sesuatu semakin berkembang karena adanya usaha untuk menjadi lebih unggul atau dapat dikatakan kompetitif. Berikut adalah pengertian lebih lanjut tentang sistem informasi.


Beberapa ahli berpendapat tentang definisi sistem informasi. Definisi menurut ahli tersebut diantaranya ;


1. Hanny Lucas
Sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur – prosedur yang di organisasikan, yang mana apabila sistem tersebut dieksekusi, maka sistem tersebut yang akan menyediakan berbagai informasi untuk mendukung pengambilan keputusan serta pengendalian yang ada di dalam suatu organisasi.

2. O’Brien
Sistem informasi ini merupakan suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh pengguna atau manusia, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan juga database (basis data) yang dapat mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi. Jadi, pada dasarnya, suatu sistem informasi memang harus memiliki elemen-elemen tersebut aga dapat berguna dan juga bekerja dengan optimal.

3. John F Nash
Sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

4. Hanif Al-Fatta
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tata cara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Hal tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tata cara penggunaannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN