Mohon tunggu...
Siti Setyaningrum
Siti Setyaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa lmu Komunikasi

Universitas Al-Azhar Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Parenting bagi Ibu Milenial

14 Januari 2021   20:33 Diperbarui: 14 Januari 2021   20:36 77 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Parenting bagi Ibu Milenial
Sumber: Tiktok/jane

Istilah milenial memang sudah banyak dikenal dan akrab didengar di berbagai kalanagan. Milenial sendiri merupakan generasi yang terlahir pada awal tahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an. 

Generasi milenial ini memiliki karakteristik yang erat dengan media komunikasi dan teknologi digital. Teknologi dan informasi berkembang pada generasi tersebut, segala bentuk aktivitas generasi tersebut selalu menggunakan internet, karena itu generasi tersebut disebut sebagai generasi digital native. 

Pada sebagian besar generasi milenial yang ada, saat ini generasi tersebut sudah menjalani role atau peran sebagai orang tua. Generasi tersebut memiliki cara-cara tersendiri dalam memerankan perannya sebagai orang tua bagi anak-anak mereka, mereka tidak ingin lagi mendidik anak-anaknya dengan cara yang sama, saat mereka dididik oleh orang tua mereka dulu.

Cara mendidik anak atau yang dikenal dengan sebutan parenting ini sangat hangat diperbincangkan oleh para ibu dan calon ibu milenial. Parenting sendiri merupakan cara mengasuh anak yang mendukung perkembangan fisiki, emosional, sosial, dan intelektual sejak anak itu lahir sampai ia dewasa. 

Parenting tidak hanya bersangkutan dengan membesarkan anak secara biologis mengenai kesehatan tubuh dan fisik anak, namun juga secara psikologis yang akan memebentuk karaker, mental, emosial, dan spiritual anak. 

Hal-hal penting yang perlu dilakukan oleh ibu milenial ketika melakukan parenting yaitu membangun komunikasi yang baik dengan anak dengan lembut dan kesabaran.

Untuk mempelajari parenting yang baik, para ibu milenial bisa menggalinya melalui buku-buku yang diterbitkan dan dijual di banyak toko buku besar. 

Selain belajar parenting dari buku, para ibu milenial juga bisa mempelajari hal tersebut melalui internet, terlebih lagi ibu-ibu milenial saat ini sangat dekat dengan teknologi informasi dan media digital. 

Tidak hanya melalui situs web atau artikel, saat ini banyak sekali influencer yang berbagi pengalaman mereka tentang parenting di sosial media masing-masing. 

Bentuk sharing pengalaman parenting oleh influencer ini bermacam-macam, ada yang melalui cuplikan video Instagram atau TikTok, sesi tanya jawab pada fitur Instagram, dalam bentuk Vlog yang diupload di YouTube, atau Podcast yang dapat didengarkan di Spotify.

Salah satu contoh kecil parenting dapat dilihat dari konten video TikTok Jane Park, seorang ibu milenial berdarah Korea Selatan yang tinggal di Seattle, Washington, Amerika Serikat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN