Mohon tunggu...
Santuso
Santuso Mohon Tunggu... Guru - penulis, linguis, jurnalis, aktivis, dan pengajar ideologis

✔️ Blog berbagi inspirasi dan informasi (mistertuso.blogspot.com)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Kebiasaan Tidak Baik dalam Memanfaatkan Fasilitas Umum

3 September 2020   16:16 Diperbarui: 27 Juli 2021   07:04 303 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Kebiasaan Tidak Baik dalam Memanfaatkan Fasilitas Umum
liputan6.com

Fasilitas umum adalah fasilitas yang diadakan untuk kepentingan umum. Karena itu, fasilitas ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum. Meski bisa dinikmati oleh siapa saja, kita jangan memiliki pikiran liar ya. Kita harus bijak menggunakan fasilitas umum itu. Sebab, bukan hanya kita saja yang butuh, tetapi masyarakat secara umum pun membutuhkan fasilitas ini.

Terkait fasilitas umum ini, sebagian dari masyarakat kita saat ini ternyata masih memiliki kebiasaan yang tidak baik dalam memanfaatkan fasilitas umum. 

Mereka menggunakan fasilitas umum sesuai selera mereka sendiri dan terkadang justru membuat orang lain kehilangan hak untuk menikmatinya juga. Seperti apa kebiasaan yang tidak baik itu? Berikut ini rangkumannya. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan pelajaran bagi kita semua ya agar bijak dalam memanfaatkan fasilitas umum.

1. Mendahului Kendaraan Darurat

Jalan raya adalah tempat yang biasa dibuat lalu lalang kendaraan. Kebut-kebutan di jalan raya tentunya sering kita lihat ya. Meski sudah ada rambu dilarang mendahului, namun kenyataanya masih saja ada pengendara yang mendahului kendaraan lain. Hal itu semakin parah lagi saat kondisi sedang darurat. Tidak sedikit pengendara motor mendahului kendaraan darurat yaitu ambulan.

Ambulan yang sedang membunyikan sirine menandakan bahwa kendaraan tersebut sedang membawa pasien yang dalam keadaan darurat. Maka dari itu, ambulan harus bergerak cepat agar segera sampai ke rumah sakit.

Sayangnya, sebagian masyarakat kita masih belum memahami hal ini. Sekalipun ada ambulan, mereka tidak mempersilakan ambulan lewat, justru membiarkannya terjebak macet bersama kendaraan biasa lainnya, atau bahkan ada yang masih mendahuluinya. Hmmmm.... coba saja ukuran mobil ambulan itu seperti mobil damkar ya, pasti tidak ada yang berani mendahului.

2. Bunga di Taman Kota

Fasilitas umum ditujukan untuk bisa dimanfatkan masyarakat secara umum. Namun, bukan berarti fasilitas ini bisa diambil oleh siapa saja dan dibawa pulang ke rumah masing-masing ya. 

Sebagai contoh, penulis pernah mendengar salah seorang dari Sidoarjo mengatakan, beberapa masyarakat di sana acap kali mengambil bunga di taman kota Sidoarjo. Hal itu dilakukan karena mereka menganggap bahwa bunga di taman kota itu milik umum sehingga bisa dibawa pulang oleh penduduk setempat. Capek deh!

Selain itu, ada juga tingkah lainnya yang salah kaprah dalam memanfaatkan fasilitas umum. Misalnya, saat awal jembatan Suramadu diresmikan, muncul oknum yang "menikmati" baut, mur, dan lampu di jembatan itu. Eitzh! Perbuatan ini masuk kriteria kriminal ya, jangan ditiru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x